Yuk, Buat Perencanaan Diet Agar Usaha Menurunkan Berat Badan Tak Lagi Gagal!

Yuk, Buat Perencanaan Diet Agar Usaha Menurunkan Berat Badan Tak Lagi Gagal!DietCepatAlami.com – Bila kamu akan memulai sebuah program diet, selain menyiapkan mental yang kuat kamu juga harus membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Membuat perencanaan diet ini berguna untuk memberikanmu frame yang jelas mengenai tahapan-tahapan dan tujuan apa saja yang harus kamu lakukan selama menjalani diet.

Perencanaan diet ini juga tak kalah penting dari proses eksekusinya lho, karena jika kamu tak tahu apa saja yang perlu kamu persiapkan dan lakukan, bisa-bisa di tengah jalan kamu akan kehilangan arah dan fokus.

Nah, agar usaha dietmu gak terus-menerus gagal, cobalah untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Lalu, bagaimana sih cara yang benar dalam membuat perencanaan diet itu? Simak di artikel ini yuk!

1. Tentukan program diet yang sesuai dengan gaya hidupmu

Menentukan program diet

Menentukan program diet via www.beginbettergolf.com

Ingat, jangan pernah asal ikut-ikutan program diet yang dilakukan oleh temanmu atau program diet yang lagi nge-hits. Nggak semua program diet itu cocok dengan semua orang. Jangan karena kamu melihat temanmu berhasil dengan program diet yang dia jalankan, lantas kamu bisa yakin akan berhasil juga padamu.

Lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Cari jenis-jenis diet yang sekiranya cocok dengan gaya hidupmu, sekiranya tidak menyiksa dan memaksakan kemampuanmu. Jika diet yang kamu pilih ternyata bisa mengganggu aktivitasmu, maka sudah dipastikan akan terbengkalai di tengah jalan.

2. Carilah mentor diet

Cari konsultan diet

Cari konsultan diet via www.static.origos.hu

Peran dari seorang mentor diet juga cukup penting, terlebih lagi kamu masih terbilang awam dengan dunia perdietan. Dengan adanya bantuan dan masukan dari seorang mentor yang sudah ahli, peluang dietmu untuk sukses pun akan semakin besar.

Berkonsultasi dan bergurulah pada dokter, ahli gizi, ataupun personal trainer yang memiliki banyak pengetahuan soal diet. Mereka tak hanya memberikanmu petuah tentang bagaimana cara menjalankan diet, tapi juga mereka akan ikut membantu memonitoring progresmu dalam berdiet.

Apabila kamu tak cukup memiliki biaya untuk mencari mentor, maka kamu harus rajin mencari informasi-informasi atau memanfaatkan rubrik konsultasi mengenai diet di internet dan majalah. Dengan tetap membekali diri soal pengetahuan diet, maka kamu tak akan salah langkah lagi.

3. Buatlah tujuan diet yang paling realistis

Membuat tujuan diet yang realistis

Membuat tujuan diet yang realistis via www.papre.com

Tujuan untuk berdiet memang sudah pasti untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Namun, untuk mencapainya kamu harus bisa berdamai dengan keadaan dan kondisimu sendiri.

Pastikan targetmu itu realistis dan nggak memberatkanmu. Hitung setiap progres yang harus kamu lakukan berdasarkan kemampuan fisik, material, maupun waktu. Membuat tujuan diet yang terlalu muluk-muluk hanya akan membuatmu semakin enggan.

Tak usah terburu-buru untuk cepat kurus, yang terpenting adalah kamu setia pada proses dan selalu ada progress dari minggu ke minggu. Jika dari minggu ke minggu kemampuanmu semakin naik, maka buatlah progress lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

4. Pasang target jangka pendek dan jangka panjang

Target jangka panjang dan pendek

Target jangka panjang dan pendek via www.onlineathens.com

Untuk tetap membuatmu fokus dan menjaga semangat berdietmu, maka kamu perlu menentukan target jangka pendek dan jangka panjang. Target jangka pendek adalah target-target kecil dan mudah dilakukan dan yang akan membawamu pada target jangka panjangmu.

Sedangkan target jangka panjang adalah target utamamu dalam melakukan diet. Membagi target menjadi dua jenis seperti ini sama halnya sedang melakukan cicilan tanpa bunga sehingga kamu tak akan merasa terlalu berat dan terbebani. Justru kamu akan semakin menikmati setiap tahapannya.

5. Buat deadline untuk setiap target

Tentukan deadline

Tentukan deadline www.healthline.com

Tujuan berdiet akan semakin jelas dan pasti bila kamu mematok sebuah deadline atau tenggat waktu. Deadline ini harus kamu pasang pada kedua target tersebut, yakni target jangka pendek maupun jangka panjang. Adanya deadline ini dapat menggambarkan bagaimana progresmu dari tahap ke tahap. Selain itu, ini juga dapat menjadi motivasi, pengingat, sekaligus tolak ukur keberhasilanmu di setiap target.

Tapi ingatlah, untuk membuat deadline ini selalu sesuaikan dengan waktu yang kamu punya. Jangan sampai program dietmu justru mengganggu aktivitas-aktivitas utamamu yang penting.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Ternyata nggak sulit bukan membuat sebuah perencanaan diet? Adanya perencanaan diet ini akan membuat usaha menurukan berat badanmu lebih terarah dan terorganisir sehingga kamu jadi lebih fokus dan tak bingung di tengah jalan. Yuk, buat rencana diet mulai dari sekarang!