Waspadai 6 Makanan Tinggi Garam Berikut Ini!

DietCepatAlami.com – Tak bisa dipungkiri bahwa garam tak bisa dilepaskan dari pola makan kita di era modern ini. Hampir semua makanan yang kita konsumsi mengandung garam atau natrium yang tidak sedikit; mulai dari keripik, kraker, bahkan sup.

Anda sendiri mungkin tidak menyadari berapa banyak garam yang masuk ke dalam tubuh Anda setiap harinya. Padahal, tingginya kadar garam bisa berpengaruh terhadap tekanan darah dan retensi cairan di dalam tubuh kita. Sebisa mungkin, batasi asupan garam maksimal 2.000 mg per harinya.

Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai makanan-makanan tinggi garam berikut ini agar kesehatan dan berat badan Anda tetap terjaga!

1. Saus

Image credit: barefeetinthekitchen.com

Image credit: barefeetinthekitchen.com

Gemar menggunakan beragam saus dalam masakan Anda? Mungkin saus tomat, sambal, saus teriyaki, saus marinasi, atau salad dressing?  Ternyata, saus dalam kemasan mengandung kadar garam yang tinggi, lho.

Sebagai contoh, sajian dua sendok makan salad dressing atau saus barbekyu ternyata mengandung sekitar 300m mg natrium atau setara 15% dari asupan garam harian yang dianjurkan. Alih-alih membeli salad dressing dalam kemasan, lebih baik Anda buat sendiri agar lebih sehat!

(Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Diam-Diam Bisa Bikin Anda Lebih Gemuk)

2. Sereal

Image credit: womenshealthmag.com

Image credit: womenshealthmag.com

Sereal memang praktis dinikmati saat sarapan. Tapi, tahukah Anda kalau sereal nan lezat ini juga mengandung garam yang tidak sedikit? Banyak sereal yang mengandung 180-300 mg natrium tiap sajiannya. Sebagai gantinya, nikmati oatmeal dengan buah-buahan sebagai pelengkapnya.

(Baca juga: 7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tergolong Sehat)

3. Roti dan Kue

Image credit; daysoftheyear.com

Image credit; daysoftheyear.com

Kita tahu bahwa kue dan donat mengandung gula dan karbohidrat. Tapi, ternyata mereka juga berisi garam yang tidak sedikit. Beberapa merk donat bahkan mengandung sampai 200 mg natrium. Hal ini karena biasanya roti dan kue ini menggunakan natrium sebagai pengawet.

(Baca juga: 6 Makanan yang Membuatmu Nggak Gampang Lapar dan Kenyang Lebih Lama!)

4. Sup

Image credit: meatland.net

Image credit: meatland.net

Semangkuk sup memang makanan sehat yang mengenyangkan perut. Sayangnya, kita tanpa sadar menambahkan begitu banyak garam untuk memperkuat rasanya. Meski semangkuknya mungkin mengandung tak lebih dari 300 kalori, tapi kadar garamnya bisa mencapai setengah dari kebutuhan harian Anda.

Saat membuat sup, cobalah kurangi jumlah garam yang Anda masukkan dan perkaya rasa pada sup Anda dengan merica dan rempah-rempah.

(Baca juga: 6 Trik Menghalau Rasa Lapar Untuk Menurunkan Berat Badan)

5. Burger Vegetarian

Image credit: hbjzds.com

Image credit: hbjzds.com

Pola diet vegetarian memang menyehatkan. Tapi bila Anda suka menikmati burger vegan, perhatikan asupan garam Anda. Beberapa burger vegan terbuat dari sejumlah bahan-bahan olahan dan menggunakan garam untuk memperkuat rasanya. Bahkan, selembar patty bisa mengandung 400-500 mg natrium; itu belum termasuk roti, isi, dan kejunya.

(Baca juga: Hati-Hati, 7 Makanan ini Membuat Anda Tampak Lebih Tua!)

6. Cokelat Panas

Image credit; qasehederra.blogspot.com

Image credit; qasehederra.blogspot.com

Tak ada yang lebih nikmati dari secangkir cokelat panas di malam yang dingin. Terlebih, jumlah kalorinya juga tidak seberapa, kira-kira hanya 80-100 kalori. Tapi, per sajiannya juga bisa mengandung 5-10% natrium dari asupan harian yang direkomendasikan.

(Baca juga: Makan Cokelat Bisa Bikin Langsing?)

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, mudah-mudahan lis di atas bermanfaat, terutama bagi Anda yang tengah berdiet mengurangi garam,