≡ Menu

Home » Tips Diet » Tips Program Diet Tanpa Nasi yang…

Tips Program Diet Tanpa Nasi yang Cepat Menurunkan Berat Badan

WSC
Tips Program Diet Tanpa Nasi yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Image credit : hipwee.com

DietCepatAlami.com – Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan diet tanpa nasi? Ini merupakan salah satu diet yang cukup efektif dan mudah. Namun meski terlihat mudah, banyak juga lho yang gagal dalam menjalankan diet ini.

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan syarat utama yang wajib ada di setiap hidangan. Bahkan, sampai-sampai kebanyakan orang Indonesia beerpendapat bahwa belum makan bila belum makan nasi. Rasanya tidak akan kenyang bila perut belum diisi oleh nasi.

Kebiasaan inilah yang bisa menjadi tantangan berat dalam menjalani diet tanpa nasi. Dimana kita harus  benar-benar menghindari mengkonsumsi nasi yang notabene sudah menjadi menu wajib. Akan tetapi, diet tanpa nasi ini terbukti cukup ampuh dapat menurunkan berat badan dengan cepat lho!

Apakah Nasi Dapat Membuat Badan Gemuk?

Terlalu banyak makan nasi membuatmu gemuk

Terlalu banyak makan nasi membuatmu gemuk via www.cristinagoyanes.com

Beras atau nasi merupakan bahan pokok makanan yang mengandung karbohidrat, dimana mengandung banyak sekali kalori sehingga sangat berguna sekali sebagai sumber energi tubuh. Namun, mengkonsumsi nasi secara berlebihan dan tidak terkontrol dapat membuat tubuhmu menjadi lebih gemuk. Karbohidrat yang berlebihan tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak!

Pada dasarnya, nasi tidak akan membuat badan kita gemuk apabila dikonsumsi secara normal dan wajar. Masalahnya, kebanyakan orang Indonesia cenderung lebih banyak makan nasi ketimbang lauknya sendiri. Apabila perut belum kenyang, bisa-bisa nambah sepiring nasi lagi. Padahal, kalori dalam sepiring nasi bisa mencapai 250 lho!

Ditambah lagi, kebiasaan makan nasi yang dikombinasikan dengan jenis makanan lain yang juga merupakan karbohidrat seperti mi, kentang, jagung, dsb. Itu sama saja kamu mengkonsumsi karbohidrat dalam porsi yang sangat besar. Jadi tak usah heran kenapa kamu bisa cepat sekali gemuk.

Prinsip Diet Tanpa Nasi

Prinsip diet tanpa nasi

Prinsip diet tanpa nasi via www.dianliwenmi.com

Diet tanpa nasi merupakan diet yang aman dan bisa diterapkan oleh siapa saja kok. Diet ini juga sangat disarankan bagi kamu yang benar-benar menginginkan berat badan turun. Dan justru malah sangat dianjurkan bagi para penderita kencing manis lho.

Nasi putih sangatlah cepat dicerna oleh tubuh kita, akibatnya adalah gula darah dalam tubuh jadi cepat sekali naik dan turun. Kadar gula yang rendah menyebabkan tubuh kita merasa lapar. Olehnya itu, meskipun nasi mengenyangkan, tapi juga bisa membuat kita cepat lapar.

Diet tanpa nasi yang baik dan benar dapat membuat berat badanmu turun sekitar 2kg dalam kurun waktu satu bulan lho. Ketika tubuh kita kurang mendapatkan asupan karbohidrat, makan tubuh akan mencari asupan nutrisi lain sebagai sumber energi tubuh, salah satunya adalah lemak-lemak di tubuh yang merupakan sumber cadangan makanan.

Tujuan mengurangi konsumsi nasi tersebut adalah supaya dapat memecah-mecah lemak yang telah tertimbun di dalam tubuh, sehingga lemak-lemak tersebut dapat hilang dan badan jadi kembali ideal.

Sebagai gantinya, perbanyaklah asupan makanan lain yang tidak mengandung banyak karbohidrat, seperti sayuran, daging, dan buah. Dan hasilnya akan lebih sempurna apabila kamu juga rajin melakukan olahraga minimal 30 menit sehari, seperti jogging, aerobik, basket, atau jalan cepat.

Untuk mendapatkan manfaat diet ini dalam jangka lebih panjang, disarankan untuk menerapkan diet tanpa nasi ini seumur hidup. Namun bukan berarti kamu tidak makan nasi sama sekali sepanjang hidupmu lho, melainkan benar-benar menjaga dan mengurangi porsi nasi setiap kali makan. Dijamin, badan kamu akan tetap ideal.

Mungkin pada awalnya melakukan diet tanpa nasi ini akan terasa berat, mengingat makan nasi adalah sebuah kebiasaan turun temurun yang juga sangat menggoda iman. Namun jika kamu memiliki niat dan keyakinan yang teguh untuk berdiet, kamu pasti bisa melakukannya dengan mudah.

Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai menu-menu makanan yang harus dikonsumsi saat menjalani diet tanpa nasi ini. Namun, jika kamu masih ragu dan bingung bagaimana cara memilih menu makanannya, berikut adalah beberapa contoh menu diet tanpa nasi yang bisa kamu terapkan:

Sarapan

Menu sarapan diet tanpa nasi

Menu sarapan diet tanpa nasi via www.csiro.au

Kalau biasanya saat sarapan pagi kamu mengkonsumsi bubur ayam,  nasi kuning atau nasi uduk, cobalah untuk menggantinya hanya dengan mengkonsumsi sayuran dan lauk yang mengandung protein tinggi seperti daging dan telur.

Kamu boleh memilih sayuran apa saja yang kamu suka, seperti sayur kangkung, bayam, buncis, brokoli, ataupun selada air. Kamu juga  boleh kok menambahkan sedikit kentang rebus. Jika masih kurang kenyang, tak masalah jika kamu mau makan buah pisang ataupun roti gandum.

Makan Siang

Menu makan siang diet tanpa nasi

Menu makan siang diet tanpa nasi via www.thegrove-villas.com

Untuk makan siang, kamu juga bebas kok mau memilih makanan apa saja. Yang terpenting adalah hilangkan menu nasi dan hindari makanan-makanan berminyak yang mengandung kolesterol tinggi.

Tak lupa juga, selalu pilih menu makanan yang terdapat sayuran supaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi. Menu makanan yang bisa kamu coba untuk siang hari seperti sayur asem, tahu, tempe, ayam, atau pepes.

Makan Malam

menu makan malam diet tanpa nasi

menu makan malam diet tanpa nasi via www.unconfinedframe.com

Pada malam hari, alangkah baiknya jika porsi makanmu lebih sedikit daripada sarapan atau makan pagi. Di malam hari lebih baik perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Kamu bisa menyediakan sup sayur yang lezat atau salad sayur dan buah yang segar.

Agar bisa lebih mengenyangkan, pilihah sayuran dan buah yang mengandung banyak serat agar dapat membuat perutmu merasa kenyang lebih lama. Lagipula, makanan dengan serat tinggi sangat baik untuk pencernaanmu.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, itulah tadi ulasan mengenai diet tanpa nasi yang dapat membantu menurunkan berat badanmu dengan cepat. Meski terlihat sepele, tapi kamu tak boleh meremahkannya ya! Tetaplah konsisten dan teguh pada pendirian agar berbuah hasil seperti yang diinginkan. Selamat mencoba!