≡ Menu

Home » Tips Diet » Tips Jitu Membatasi Nafsu Makan Ala…

Tips Jitu Membatasi Nafsu Makan Ala Ahli Diet

WSC

Tips Jitu Membatasi Nafsu Makan Ala Ahli DietDietCepatAlami.com – Diet alami yang baik membutuhkan konsistensi anda untuk membatasi asupan kalori yang masuk lewat makanan. Ini berarti anda mesti mengatasi nafsu makan yang kadang sulit diabaikan begitu saja. Untungnya, para ahli diet mau membagikan tips jitu untuk membatasi nafsu makan yang mungkin dapat membantu program diet anda.

1. Tak perlu menghindari makanan kesukaan anda

Menghindari makanan kesukaan anda hanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari, yaitu saat anda ‘balas dendam’ di mana justru akhirnya memakan makanan favorit tanpa terkendali. Alih-alih menghindari makanan favorit anda, coba sisihkan seperlima dari total kalori harian untuk menikmati makanan tersebut tanpa rasa bersalah. Yang penting, tetap jaga porsinya agar tidak berlebihan.

2. Gorengan “imitasi”

Jika anda berhasrat untuk makan gorengan, cobalah gunakan trik ini: lapisi makanan yang hendak digoreng dengan putih telur dan campuran parutan keju Parmesan, tepung gandum, dan remah roti; semprot dengan sedikit cooking spray, lalu masukkan ke dalam oven 200 derajat antara 10-15 menit. Anda akan mendapatkan gorengan yang renyah dan sehat dengan rasa yang serupa.

3. Kumpulkan bungkus permen yang anda makan

Alih-alih membuang pembungkus permen, cokelat, atau makanan manis lainnya, simpanlah bungkus tersebut di dalam toples. Saat melihatnya, anda akan lebih sadar dan memiliki kendali tentang seberapa banyak yang anda makan hari itu.

4. Visualisasikan hasil yang anda inginkan

Buatlah kolase foto yang mencerminkan anda saat berhasil menggapai hasil yang ingin dicapai saat ini. Setiap kali keinginan makan mendatangi anda, lihatlah visualisasi tersebut dan tanyakan pada diri anda apakah makanan yang diinginkan saat itu bisa mendekatkan anda pada tujuan.

5. Hentikan melakukan hal lain sambil makan

Hindari distraksi saat makan, misalnya seperti mengecek ponsel, membaca, atau menonton televisi. Ketika perhatian terpusat pada makanan di depan anda, anda bisa lebih menikmatinya. Dan rasa puas tersebut membantu anda mengontrol makan atau ngemil yang berlebihan.

6. Tambahkan sedikit nutrisi

Sesekali, jangan menyangkal keinginan makan anda. Anda bisa tetap menikmatinya sembari menambahkan nutrisi ke dalamnya, sehingga apa yang dikonsumsi pun lebih sehat.

7. Hindari pemanis buatan

Hindarilah mengkonsumsi pemanis buatan. Pemanis buatan hanya membuat anda menginginkan lebih banyak gula. Dengan kembali ke gula alami, anda akan sukses mengatasi keinginan makan.

8. Buat ceklis setiap anda berhasil melawan hasrat makan

Siapkan secarik kertas atau kartu kecil. Setiap kali anda berhasil melawan nafsu makan, tuliskan sebuah ceklis makanan yang berhasil anda hindari di kertas tersebut. Jika berhasil melakukannya 15 kali tanpa gagal satu kalipun, anda cenderung lebih sukses untuk mengatasi nafsu makan selanjutnya.

9. Makan ala gourmet

Terkadang kita terus makan karena kita tidak mendapatkan rasa yang kita inginkan. Ganti makanan murah yang anda beli di supermarket dengan hidangan lezat ala gourmet buatan sendiri. Dengan begitu, anda bisa merasa lebih puas meski memakan lebih sedikit.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Itulah beberapa tips dari para ahli untuk mengatasi nafsu makan yang mungkin tak terkendali. Selama yakin dan konsisten, anda pasti bisa melakukan diet dengan sukses. Selamat mencoba dan semoga berhasil.