Sudah Idealkah Berat Badan Anda?

Sudah Idealkah Berat Badan AndaBerat badan sangat menentukan bagaimana kondisi kesehatan dan status gizi yang dimiliki seseorang. Kelebihan berat badan bisa mengundang berbagai penyakit, begitupun kekurangan berat badan juga dapat mengurangi rasa percaya diri.

Memiliki berat badan ideal dan juga sehat adalah dambaan setiap wanita. Berat badan ideal selain bisa menjadi indikator tubuh yang sehat, tentunya juga akan sangat menunjang penampilan Anda. Tetapi, Anda tidak bisa menilai apakah berat badan Anda ideal atau tidak, hanya dengan berdiri di depan cermin.

Dalam ilmu kesehatan dan kebugaran, ada alat ukur yang memang dikembangkan untuk mengetahui status gizi seseorang. Apakah kondisi berat badannya masuk kategori kurang gizi, normal, berlebih atau obes. Alat ukur ini disebut BMI (Body Mass Index), atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah IMT (Indeks Massa Tubuh). IMT adalah rasio (perbandingan) antara berat badan dan tinggi badan.

Cara menghitung IMT ini sangat mudah. Hanya dibutuhkan dua data, yakni:
1. Berat badan Anda (BB); dan
2. Tinggi badan Anda (TB).
dan dihitung menggunakan rumus berikut:

rumus ideal

Klasifikasi Internasional IMT dapat Anda lihat pada tabel ini:

Klasifikasi IMT
Anda juga bisa mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak dengan mengukur lingkar pinggang Anda. Untuk wanita, batas lingkar pinggang normalnya adalah kurang dari 80 cm, sedangkan untuk pria kurang dari 90 cm. Ukuran lingkar pinggang berlebih sangat beresiko terkena penyakit jantung, utamanya pada pria.

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Bagaimana dengan berat badan Anda?