Pola Makan yang Paling Pas untuk Menurunkan Berat Badan

Pola Makan yang Paling Pas untuk Menurunkan Berat Badan

Pola Makan yang Paling Pas untuk Menurunkan Berat BadanDietCepatAlami.com – Sejumlah program diet mengharuskan kita untuk makan secara teratur dan konsisten. Sayangnya, kesibukan mungkin membuat anda sulit melakukan hal ini. Tapi, akan lain ceritanya bila anda memiliki suatu program makan yang sesuai dengan situasi dan kondisi anda, usaha menurunkan atau mempertahankan berat badan pun jadi semakin mudah. Untuk itu, coba ikuti beberapa pola makan yang paling cocok berikut ini dan temukan pola yang paling pas untuk anda.

1. Makan Kenyang Tiga Kali Sehari

Ini adalah pola makan paling umum yang terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Pola makan ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan bila setiap hidangan cukup banyak untuk membuat anda kenyang, tapi total asupan kalori harian anda lebih rendah dari makan 4-5 kali sehari.

Penting juga untuk mengkonsumsi setidaknya 25-30 gram protein setiap kali makan untuk memaksimalkan pembentukan protein yang dapat melindungi otot anda pada saat diet. Apalagi, pola makan ini mudah sekali untuk dilakukan.

Cocok untuk: Anda yang memiliki jadwal kerja yang kaku dan hanya memiliki waktu istirahat secara konvensional (istirahat makan siang) sehingga menyulitkan anda untuk menyantap makanan di luar jam tersebut.

2. Makan Porsi Kecil 4-5 Kali Sehari

Pola makan ini cukup populer di kalangan pelaku diet. Anda mengurangi porsi hidangan normal anda dan menambahkan satu atau dua cemilan setiap hari. Bila anda ingin mempertahankan berat badan, hidangan dengan porsi kecil tapi sering membantu menjaga rasa kenyang dan menyeimbangkan asupan kalori sepanjang hari.

Cocok untuk: Anda yang suka ngemil, karena pola makan ini menjadikan gaya hidup anda sebagai program yang sehat. Pola ini membantu anda untuk menjaga asupan kalori tanpa mengubah cara makan anda secara drastis. ‘Hidangan mini’ ini juga cocok bagi penderita hipoglikemia reaktif, yaitu kondisi di mana kadar gula darah turun terlalu rendah setelah makan. Makan lebih sering membantu mencegah hal ini.

3.  Makan Sebelum dan Sesudah Latihan

Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kemampuan otot anda untuk mengelola karbohidrat. Bila anda ingin memastikan bahwa karbo yang anda makan langsung menuju otot untuk mendukung pemulihannya, cobalah pola makan berikut ini: konsumsi seluruh karbohidrat harian anda selama dan sesudah latihan, kapanpun itu berlangsung. Sisanya, fokuskan pada hidangan yang kaya protein, sayuran hijau, dan lemak.

Cocok untuk: Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga tubuh tetap langsing tapi tetap bisa mengkonsumsi cukup banyak karbohidrat sederhana dari nasi dan tepung-tepungan.

4. Makan Ala Vegan Sebelum Pukul 6 Sore

Pola makan ini dipopulerkan oleh seorang penulis New York Times, Mark Bittman. Dari ketika bangun di pagi hari hingga makan malam, dia hanya mengkonsumsi buah, sayuran, gandum utuh, dan kacang-kacangan. Setelahnya, dia makan apapun yang dia inginkan, meski tetap secukupnya. Lewat cara ini, Bittman berhasil menurunkan bobotnya sampai  15 kg.

Menghindari produk hewani pada sebagian besar waktu membatasi pilihan anda ke makanan yang relatif rendah kalori, sehingga anda bisa makan dengan bebas saat makan malam dan mengkonsumsi total kalori yang tetap rendah di akhir hari.

Cocok untuk: Anda yang tidak keberatan memiliki pilihan hidangan yang terbatas sepanjang hari dan memiliki kendali diri yang cukup untuk tidak makan berlebihan di malam hari.

5. Puasa Dua Kali Seminggu

Puasa yang dianjurkan oleh beberapa ajaran agama tertentu ini ternyata menjadi strategi yang cukup populer di dunia diet. Agak sedikit berbeda dengan puasa tradisional, anda tidak makan apapun selama 24 jam dua kali seminggu. Pada lima hari sisanya, anda bebas makan apapun (secukupnya saja). Tak hanya efektif untuk menurunkan berat badan, metode puasa ini juga membantu anda menjaga bentuk tubuh anda dengan menyesuaikan total waktu puasa setiap minggunya (periode puasa lebih singkat untuk mempertahankan berat badan, dan lebih panjang untuk mengurangi berat badan).

Cocok untuk: Anda yang tidak masalah jika tidak makan dalam periode yang cukup lama.

6. Tidak Makan Apapun Setelah Pukul 8 Malam

Membangun jeda waktu tanpa makan akan membantu anda memotong asupan kalori yang tak terkendali di malam hari. Pastikan makan malam anda bukan hidangan yang paling kecil dan memiliki jumlah protein dan serat yang cukup untuk menjaga anda dari rasa lapar di malam hari.

Cocok untuk: Anda yang hobi ngemil setelah makan malam.

Nah, dari enam pola makan di atas, mana yang kira-kira cocok untuk anda?