Pertanyaan Seputar Konsumsi Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

DietCepatAlami.com – Teh hijau memang sudah dikenal berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Minuman ini mampu mendorong laju metabolisme dan membakar lemak pada tubuh Anda. Tak heran bila produk-produk yang mengandung teh hijau memenuhi keranjang belanja Anda.

Tapi, sebenarnya bagaimana sih mengkonsumsi teh hijau yang benar? Apakah ekstraknya juga punya manfaat yang sama? Sejumlah pertanyaan seputar konsumsi teh hijau akan terjawab untuk Anda di sini.

Apakah manfaat teh hijau tetap sama meski ditambah perasa?

Image credit: chaddsfordhistorical.files.wordpress.com

Image credit: chaddsfordhistorical.files.wordpress.com

Dewasa ini, mudah kita temukan produk-produk teh hijau yang diberi perasa agar lebih menarik. Ada rasa cranberry, vanili, dan lain-lain. Tapi benarkah manfaatnya sama?

Manfaat teh hijau tetaplah tak berkurang meski ditambah perasa. Tapi, bila tambahan perasa itu mengandung gula, tehnya bisa jadi mengandung kalori lebih banyak dibanding teh hijau biasa. Jadi, hindari teh hijau yang mengandung gula tambahan maupun pemanis buatan.

(Baca juga: 8 Cara Mudah Memangkas Konsumsi Gula Sehari-Hari)

Apakah merk teh hijau berpengaruh?

Image credit: inspiyr.com

Image credit: inspiyr.com

Ya. Antara satu merk dengan merk lainnya, ada perbedaan kualitas daun teh serta sejumlah tambahan komposisi. Pastikan manfaat teh hijau tersebut tidak dikacaukan dengan adanya gula tambahan. Selain itu, meski teh hijau punya sejumlah manfaat kesehatan, ia bukan sumber vitamin utama.

Untuk memastikan Anda memperoleh manfaat optimal dari teh hijau pilihan Anda, cari merk teh hijau yang hanya menggunakan komposisi alami dan tidak mengandung bahan pengawet artifisial.

Bagaimana jika teh hijau diberi es?

Image credit: thewanderlustkitchen.com

Image credit: thewanderlustkitchen.com

Tidak masalah. Ia tetaplah teh hijau yang sama, hanya saja disajikan dalam keadaan dingin. Tapi, harap diingat bahwa es yang mencair bisa membuat tehnya jadi terlalu encer. Khasiat menurunkan berat badan dari teh hijau juga lebih maksimal bila ia disajikan panas.

Agar hasilnya lebih baik, seduh teh Anda dengan benar. Pastikan airnya tidak sampai benar-benar mendidih. Alih-alih, tuangkan air ke kantong teh tepat pada saat airnya hampir mendidih (saat di mana gelembung kecil mulai terbentuk). Lalu, biarkan teh tercelup selama 2 sampai 4 menit.

Bisakah teh hijau menjadi rusak?

Image credit: acneeinstein.com

Image credit: acneeinstein.com

Teh hijau memang tidak akan basi atau busuk. Tapi seperti halnya makanan pada umumnya, yang segar memang lebih baik. Bila menggunakan teh tubruk atau teh celup, pastikan Anda habiskan sebelum enam bulan. Jika tidak, manfaat antioksidan pada teh tersebut akan berkurang.

Bila saya tidak sedang ingin minum teh, apakah ekstraknya tetap berkhasiat?

Image credit: nutraingredients-usa.com

Image credit: nutraingredients-usa.com

Tentu saja. Menuang ekstrak teh hijau ke air putih adalah cara ampuh untuk mendapatkan manfaatnya ketika Anda sedang diburu waktu. Tergantung dari konsentrasi formulanya, 1 ml ekstraknya biasanya memiliki antioksidan yang setara dengan 8-10 cangkir teh hijau.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda tentu semakin paham bagaimana memaksimalkan manfaat dari teh hijau untuk menurunkan berat badan. Yuk, konsumsi teh hijau!