Penyebab Nafsu Makan Berlebih

Penyebab Nafsu Makan Berlebih

Penyebab Nafsu Makan BerlebihBerusaha menjaga berat badan tetap stabil, tapi nafsu makan Anda masih labil? Susah mengontrol nafsu makan? Nafsu makan berlebih tentunya akan sangat mengganggu program diet yang sedang Anda jalankan. Lalu apa yang menyebabkan Anda bisa merasa sangat lapar? Mengapa pula di saat-saat tertentu, porsi makan Anda lebih banyak dari biasanya?

Hasil riset terbaru Wagner University (New York, AS), mengungkapkan bahwa ternyata bukan hanya lamanya jam tidur yang memengaruhi nafsu makan, tetapi juga kualitas tidur Anda. Kualitas tidur tidak bisa ditentukan dari berapa lama Anda tidur, tapi berapa jam efektifnya Anda tidur. Tidur yang berkualitas akan menjadi salah satu penentu kondisi tubuh yang sehat dan bugar, termasuk kondisi berat badan.

Para ilmuan telah melakukan 2 percobaan untuk membuktikan hal tersebut. Pertama, dengan menganalisis kebiasaan makan dan pola tidur 184 orang responden (mahasiswi). Dan ditemukan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kualitas tidur dengan nafsu makan seseorang. Wanita yang mengalami insomnia atau sering terbangun saat tengah malam cenderung mudah merasa lapar. Sehingga keesokan paginya ia akan mengonsumsi lebih banyak makanan.

Percobaan kedua dilakukan dengan menganalisis kebiasaan tidur 66 orang mahasiswi lainnya dengan menyiapkan cemilan seperti permen, kerupuk, kue, cokelat, dan keju. Hasilnya, mahasiswi yang mengonsumsi cemilan dalam porsi lebih banyak adalah mereka yang pada malam harinya hanya tidur selama kurang dari 7 jam.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diambil kesimpulan bahwa ternyata kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang.

Menurut Laurence Nolan, Ph.D, seorang profesor psikologi di Wagner University, masyarakat perlu memahami bahwa kualitas tidur sangat memengaruhi kesehatan fisik maupun emosional seseorang. Jika pola tidurnya salah, bisa-bisa Anda mudah stress sehingga berdampak pula pada nafsu makan. Pada akhirnya Anda merasa mudah lapar dan membuat Anda tanpa sadar makan lebih banyak dari biasanya.

So, tetaplah menjaga waktu tidur Anda agar berkualitas.