Pengaruh Cara Makan dengan Berat Badan

Pengaruh Cara Makan dengan Berat BadanDietCepatAlami.com – Kecepatan Anda saat mengunyah makanan ternyata berpengaruh pada berat tubuh. Semakin lama Anda mengunyah, maka semakin banyak pula kalori yang terkikis. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan secara perlahan hingga makanan terkunyah sempurna oleh gigi, dapat meminimalkan rasa lapar satu jam setelahnya ketimbang saat kita melahap dan menelan makanan langsung.

Beberapa peneliti di Texas Christian University telah meneliti pengaruh kecepatan mengunyah terhadap asupan kalori yang dikonsumsi serta bagaimana korelasi keduanya. Mereka yang makan secara perlahan dan minum lebih banyak air juga bisa membantu merasa kenyang lebih lama.

Beberapa hal yang dipertanyakan pada responden dalam penelitian tersebut antara lain perasaan mereka sebelum dan sesudah makan, kecepatan mengunyah dan banyak air yang diminum
Pada perlakuan makan perlahan, mereka diminta untuk menikmati makanan dengan santai, makan sedikit-sedikit dan sesekali meletakkan sendok untuk memberi jeda. Pada perlakuan makan cepat, mereka diminta makan seperti diburu waktu, makan dengan lahap dan mengunya dengan cepat tanpa jeda.

Hasilnya, mereka yang makan dengan terburu-buru memiliki lebih 88 lrbih banyak kalori dibanding mereka yang makan dengan perlahan. Profesor Meena Shah mengungkapkan bahwa makan dengan perlahan dapat menurunkan konsumsi energi pada kelompok orang yang memiliki berat badan normal, tidak bagi mereka yang kelebihan berat badan. Mengapa? Karena sebagian mereka yang berat badannya lebih cuma makan sedikit karena sadar diri dibanding mereka dengan berat badan normal

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Fakta lain yang diperoleh adalah orang yang makan perlahan sangat jarang merasakan lapar dikemudian harinya dibanding orang yang makan dengan cepat. Perasaan lapar mereka 60 menit lebih lambat datangnya. Saat makan perlahan mereka juga diminta minum lebih banyak agar merasa kenyang lebih cepat.