≡ Menu
Mau langsing tanpa diet ketat yang menyiksa? Ikuti jejak mereka yang telah berhasil langsing hanya dalam 2 minggu mengikuti program diet kami. Klik di sini dan Join sekarang!!
Home » Tips Diet » Olahraga Terbaik Untuk Diet & Bakar…

Olahraga Terbaik Untuk Diet & Bakar Lemak!

Olahraga Terbaik Untuk Diet & Bakar LemakDietCepatAlami.com – Saat anda telah memutuskan ingin menurunkan berat badan, tentunya anda telah memikirkan bahwa sudah saatnya ada mulai berolahraga. Namun jenis olahraga apakah yang tepat untuk diet dan optimal membakar lemak?

Mungkin anda disarankan untuk mengikuti pelatihan di sebuah Gym atau jogging pada pagi dan sore hari. Tapi akhirnya anda putuskan untuk berolahraga di tempat gym saja karena menjadi tempat terbaik untuk berolahraga.

Ketika bergabung di tempat fitnes, anda kembali dihadapkan dengan berbagai jenis kegiatan latihan, seperti angkat beban, kelas aerobik, body pump, RPM, yoga, dan sebagainya. Karena anda mungkin masih awam untuk hal semacam ini, anda akhirnya mencoba berlari di atas treadmill.

Pastinya jika anda berolahraga akan membakar lemak, semakin anda berlari kencang di atas treadmil, semakin banyak pula keringat yang keluar sehingga pembakaran kalori pun lebih tinggi dan pasti anda akan kurus lebih cepat. Bukankan dokter bilang, jika kalori yang dikeluarkan lebih banyak dibanding kalori yang masuk berati berat badan akan turun. Apalagi anda sudah memutuskan untuk mengurangi makan, dan memulai olahraga.

Situasi seperti ini sering kita temui atau mungkin alami, namun sudah tepatkah pilihan tersebut? Apakah dengan berolahraga bisa menurunkan berat badan kita? Atau justru turun-turun padahal anda giat berolahraga?

Kita semua telah tahu betul bahwa mengkonsumsi nasi akan memberikan kita tenaga. Sementara saat ber-diet kita akan mengurangi asupan nasi kemudian tidak mencari makanan pengganti sehingga membuat tubuh lemas. Dari sini bisa disimpulkan jika karbohidrat atau nasi merupakan sumber tenaga kita. Lalu mengapa setiap kali orang berolahraga, yang terfikir bahwa ia akan membakar lemak? Bukankah sudah jelas bahwa energi kita bersumber dari karbohidrat.

Secepat apapun ada berlari di atas treadmill, nyatanya yang dibakar bukanlah dari lemak melainkan kalori dari karbohidrat. Pembakaran lemak hanya optimal jika melakukan moderate exercise. Semakin cepat anda berlari, maka semakin banyak pula karbohidrat di digunakan sebagai energi.  (lihat gambar)

Bakar Lemak

Warna putih dengan titik berwarna abu-abu merupakan lemak yang digunakan segai sumber energi.  Sumber energi terbesar dari penggunaan lemak terbesar yaitu ketika melakukan latihan dengan intensitas menengah, dan cara menghitungnya yakni 65% dari detak jantung kita.

Gunakan rumus berikut ini:

—————————-
(220-Umur) x 0.65
—————————-

Misalnya, Agus, Umur 25 tahun, jadi jika Agus ingin membakar lemak maka (220 – 25) x 0.65 = 126.75 atau sekitar 127 detak jantung permenitnya. Jika menggunakan  treadmill maka sama saja dengan berjalan cepat, bukannya berlari. Anda bisa coba rumus ini, lalu cari berapa detak jantung ideal anda. Pembakaran lemak terjadi  saat detak jantung  adalah sekitar 65%. Bila lebih tinggi dari angka 70% itu artinya kita akan lebih banyak membakar karbohidrat saja.

Kembali ke pertanyaan awal, Jadi olahraga apa yang tepat untuk diet dan optimal membakar lemak?

Ada banyak, bahkan hampir semua jenis olahraga bisa membakar lemak dengan catatan anda memantau detak jantung agar tetap  65% atau lebih kecil. Angka 65% merupakan titik optimal. Silakan praktekkan sendiri dan buktikan!

Lalu angkat beban bagaimana? Angkat beban hanya membakar karbohidrat, akan tetapi jika anda mengkombinasikannya dengan olahraga yang lain, hasil yang didapatkan akan lebih maksimal bagi pembakaran lemak anda. Caranya, bisa dengan latihan beban 30 sampai 45 menit untuk pembakaran kalori dari karbohidrat, bila karbohidrat habis, manfaatkan momen ini untuk berolahraga selain latihan beban dengan detak jantung 65%. Metode ini sangat ampuh untuk memaksimalkan pembakaran lemak anda. Selamat mencoba! :)

Sudah mencoba berbagai program diet, tetapi tidak berhasil?, Jangan khawatir, kami telah berhasil menjawab masalah tersebut dan menemukan rahasianya. Terbukti langsing tanpa ribet. Klik Disini Sekarang!

2 comments… add one

  • Vincent May 31, 2013, 1:24 am

    Yep, Setuju sekali, untuk bakar lemak, intensitas tidak perlu ditingkatkan hingga batas energi maksimal, lakukan dengan cermat, maka lemak anda cepat berkurang…

    cobalah lakukan ini: angkat beban 30 menit, dilanjut dengan tredmill jogging lambat/ jalan cepat selama 15 menit.
    anda akan terkejut betapa cepatnya lemak anda berkurang!

  • mamead April 20, 2014, 3:42 am

    Makasih atas infonya. Semoga sangat bermanfaat buat tubuh saya. Oh ya gimana sih caranya mengurangi berat bdan 40kg selama 6bulan. Karna saya di kasih target oleh bos saya untuk diet. Sampai berat saya 70 kg ke bawah. Terima kasih. Dan tolong infonya ya ?

Leave a Comment