≡ Menu

Home » Diet Sehat » Mengenal Rhabdomiolysis Penyebab Gagal…

Mengenal Rhabdomiolysis Penyebab Gagal Ginjal

WSC

Mengenal Rhabdomiolysis Penyebab Gagal GinjalDietCepatAlami.com – Apakah anda pernah mendengar istilah Rhabdomiolysis? Atau apakah anda pernah mendengar cedera ginjal karena berolahraga?

Olahraga sangat penting dilakukan.  Olahraga menjadikan tubuh menjadi fit dan fikiran tetap waspada.  Dengan adanya pergeseran pola hidup sekarang ini, diet makanan sehat dan olahraga merupakan pilihan terbaik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan olahraga, anda mungkin akan mengalami nyeri otot di seluruh tubuh yang mungkin membuat anda tidak ingin berolahraga lagi.  Sebenarnya hal ini wajar. Tubuh anda sedang beradaptasi.  Seiring dengan berjalannya waktu, nyeri otot tersebut tidak lagi muncul.

Pada beberapa kasus berat badan berlebih dan obesitas, ada beberapa orang yang  sangat terobsesi untuk menurunkan berat badan sehingga memaksakan diri untuk terus berolahraga hingga berjam-jam.  Regangan otot yang ekstrim yang jangka waktu yang lama ini dapat menyebabkan cedera otot. Pada kasus yang serius, otot yang cedera akan mengalami kematian serat-serat otot, pada akhirnya akan melepaskan serat-serat otot tadi ke dalam pembuluh darah dan pada akhirnya masuk pembuluh darah ginjal.  Inilah yang dikenal dengan Rhabdomiolysis.

Penyebab Rhabdomiolysys selain olahraga berlebihan ada beberapa, yaitu :

  • Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Pada kasus tabrakan di mana otot mengalami cedera
  • Otot tertekan karena terlalu berbaring, seperti pada orang yang koma
  • Penggunaan antipsikotik atau statin
  • Tersengat listrik atau luka bakar derajat tiga dan lain sebagainya

Rhabdomiolysis ditandai dengan nyeri otot utamanya pada bahu, paha dan punggung bawah.  Selanjutnya, akan terjadi kelemahan otot, dan gangguan menggerakkan tangan dan kaki.  Pada kasus yang berlanjut menjadi gejala gagal ginjal, akan terjadi nyeri perut, mual muntah, demam, urin berwarna merah atau kecoklatan, hingga tidak sadarkan diri.

Sebagian besar kasus pada Rhabdoniolysis ini sifatnya reversible, atau dapat disembuhkan.  Hanya saja jika tidak mendapatkan pertolongan secepatkan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

Tubuh anda mengalami beberapa proses metabolisme sehingga berat badan anda seperti sekarang ini.  Sebaliknya, jika anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal, tubuh akan pun membutuhkan proses yang tidak singkat.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Jalani diet anda, dan tetap olahraga.  Lakukan secara rutin dan dan berkesinambungan.  Anda membutuhkan olahraga untuk membantu anda tetap bugar, bukan untuk membuat anda kelelahan.