Mengenal Lemak Baik dan Lemak Jahat

Mengenal Lemak Baik dan Lemak JahatBagi yang sedang menjalankan program diet, lemak merupakan zat gizi yang paling dihindari. Namun tidak semua makanan berlemak itu berbahaya. Ada banyak jenis lemak dan tidak semuanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Lemak pada dasarnya sangat berperan dalam menyimpan energi yang dihasilkan pada proses metabolisme, menutrisi sel-sel tubuh, kulit, kuku, jantung dan otak. Makanan yang mengandung lemak omega-3 juga dapat mencegah dementia, meningkatkan mood dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Apa sajakah yang termasuk jenis lemak baik? Darimana saja sumbernya?

Jenis lemak baik yang pertama adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats), yakni jenis lemak yang tersusun atas rangkaian atom karbon dengan satu ikatan ganda. Jenis lemak ini dapat ditemukan pada tanaman, seperti minyak zaitun dan minyak canola; kacang-kacangan seperti almond, hazelnut; buah-buahan seperti alpukat; dan biji-bijian seperti wijen
Jenis lemak baik yang kedua adalah lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fats), yakni jenis lemak dengan dua ikatan rangkap antar molekul lemaknya. Contoh, lemak Omega-3 and Omega-6. Lemak ini dapat ditemukan pada ikan berlemak seperti sarden, mackerel dan salmon. Dapat pula ditemui pada tanaman kedelai, jagung dan walnut.
Kedua lemak baik tersebut sangat dibutuhkan sebagai salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu lemak baik atau biasa juga dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) juga dapat mengurangi kadar lemak jahat.

Lalu bagaimana dengan sumber lemak jahat?

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Lemak jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) disebut ‘jahat’ karena dapat menyebabkan kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan pnyumbatan pembuluh darah. Makanan yang mengandung lemak jahat diantaranya susu full cream, hati sapi, jeroan, margarin, snack, gorengan, seafood, fast food, kuning telur dan masih banyak lagi.