Mengenal Efek Yoyo Penyebab Diet Gagal

Mengenal Efek  Yoyo Penyebab Diet GagalDietCepatAlami.com – Diet yo yo atau efek yo yo juga dikenal sebagai siklus diet, di  mana setelah anda berhasil menurunkan berat badan pada saat program diet, kemudian akan naik kembali setelah program diet anda berhenti. Pola diet ini persis seperti gerakan yoyo yang turun kemudian naik kembali.

Sebenarnya penyebab efek yo yo sangat beragam, tetapi yang paling sering menyebabkan efek yo yo ini adalah diet rendah kalori  yang sangat ketat dan ekstrim. Seiring berjalannya waktu, diet ekstrim ini secara perlahan akan memicu depresi dan kelelahan yang pada akhirnya menjadikan seseorang sangat sulit mempertahankan berat badan yang ideal. Banyak yang gagal menjalankan diet ketika mereka kembali kepada kebiasan makan mereka sebelumnya, bedanya saat ini mereka sedang mengalami masalah emosional karena gagal menurunkan berat badan dengan mengurangi makan.  Keadaan emosional inilah yang menyebabkan mereka pada akhirnya mengalami kenaikan berat badan dengan cepat.

Proses naiknya berat badan dengan cepat, khususnya lemak tubuh lebih jauh di dorong oleh adanya plastilitas metabolik dari otot skeletal. Teori “Summermatter Cycle” kemudian menjelaskan bagaimana otot skeletal secara persisten mengurangi pengeluaran energi selama diet.  Pada akhirnya, diet yang terlalu ketat akan meningkatkan aktivitas fisik yang akan menyebabkan penurunan berat badan.  Ketika tubuh mendapatkan makanan dalam jumlah yang wajar, maka semua tempat penyimpanan energi akan cepat terisi, yaitu dalam bentuk kantong-kantong lemak.

Bagaimana pengaruh diet yo yo terhadap kesehatan?

Diet jenis ini dihubungkan dengan kekurangan makanan dalam jumlah sangat ekstrim.  Sebagai akibatnya seseorang akan mengalami kehilangan  lemak otot dan tubuh selama fase awal menurunkan berat badan.  Setelah masa diet berakhir, seseorang yang diet akan mengalami respon atas kelaparan yang dialami oleh tubuhnya, sehingga berat badan akan naik dengan cepat hanya pada sel-sel lemaknya saja.  Siklus inilah yang mengubah rasio lemak tubuh terhadap otot, salah satu faktor yang penting dalam menjalani diet yang sehat.

Sebuah studi yang dilaporkan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa diet yoyo pada dasarnya tidak cukup memberikan bukti adanya resiko penyakit kardiovaskuler yang signifikan.  Hanya saja diet yo yo akan memberikan tekanan fisik dan psikis yang berat kepada orang yang ingin menurunkan berat badan dengan sangat cepat, yang kemudian pada akhirnya akan mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat.

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Jika anda ingin menurunkan berat badan, makanlah dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Makanlah dengan porsi sedikit namun sering. Pengurangan porsi makan yang terlalu ketat akan mengganggu metabolisme tubuh, sehingga sulit bagi anda untuk menjalani diet dengan baik.