Mengenal Diet Paleo, Diet Ala Manusia Prasejarah

DietCepatAlami.com – Pernahkah Anda mendengar istilah diet Paleo? Diet ini diambil dari kata paleolitikum, yaitu zaman di mana tanda-tanda kehadiran manusia prasejarah mulai ditemukan. Diet Paleo ini mengadaptasi pola makan nenek moyang kita pada zaman dahulu, yaitu mengkonsumsi daging, sayuran, dan buah-buahan serta meninggalkan makanan yang telah diproses.

Diet ini mulai naik popularitasnya karena tergolong sebagai diet yang sehat. Seperti apa sih pola diet Paleo ini? Mari kita gali lebih jauh.

Diet Paleo Mengadopsi Pola Makan Manusia Prasejarah

Image credit: buzzit.no

Image credit: buzzit.no

Nenek moyang kita di zaman prasejarah umumnya memperoleh makanan dari berburu, baik daging hewan, sayuran, maupun buah-buahan hutan. Mereka tidak mengenal makanan yang diproses atau diberi pengawet, termasuk produk berbahan dasar susu, alkohol, dan pati seperti beras dan gandum, serta gula pasir dan garam halus.

Diet Paleo percaya bahwa tubuh manusia memang didesain untuk mengkonsumsi makanan utuh (whole food) semacam ini. Diet ini berfokus pada protein dan serat. Diet ini memang bukanlah diet menyiksa yang memaksa Anda membatasi kalori dan porsi makanan, diet ini hanya mengubah menu ke makanan utuh dan organik seperti halnya makanan nenek moyang kita dulu.

Bagaimana Cara Melakukan Diet Paleo?

Image credit: caringforcrohns.com

Image credit: caringforcrohns.com

Untuk melakukan diet Paleo, Anda perlu disiplin dengan menu makanan Anda. Tapi, sekarang diet ini juga tidak terlalu sukar, sebab sejumlah katering khusus diet umumnya juga sudah menyediakan menu khusus diet Paleo ini. Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang perlu Anda lakukan untuk melakukan diet ini.

1. Daging, sayur-sayuran, dan buah adalah teman utama Anda. Daging adalah sumber protein diet Paleo. Sementara, sayur dan buah adalah sumber karbohidrat, serat, sekaligus vitamin, mineral, dan antioksidan.

2. Variasikan konsumsi daging dengan daging merah, unggas, dan ikan. Mereka adalah sumber protein dan lemak yang sehat. Kamu juga bisa mengkonsumsi aneka makanan laut seperti udang, kepiting, cumi, dan lain-lain. Telur juga masih boleh dikonsumsi. Yang jelas, hindari daging olahan seperti sosis, burger, dan nugget.

3. Hindari makanan yang mengandung pati seperti nasi dan gandum. Anda mungkin masih bisa mengkonsumsi kentang dan singkong, tapi sumber karbohidrat utama Anda tetaplah dari sayur dan buah. Usahakan memilih yang organik, ya.

4. Diet Paleo juga tidak menganjurkan produk dari susu serta gula pasir dan garam halus. Makanan manis seperti kue dan permen juga harus dihindari. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan madu dan garam kasar. Ngidam makanan manis? Anda bisa mengkonsumsi kurma.

5. Pastikan Anda memasak dengan sesederhana mungkin. Masaklah hidangan Anda dengan cara ditumis, dikukus, atau dipanggang. Hindari pula pemakaian minyak goreng untuk memasak. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun.

6. Melakukan perubahan pola makan secara drastis memang sukar. Tapi, Anda bisa mengurangi makanan lama Anda secara bertahap. Misalnya, pertama-tama Anda menghentikan konsumsi roti, lalu mengurangi konsumsi nasi hingga Anda terbiasa dengan diet Paleo.

Diet Paleo memang bukanlah diet yang bisa dilakukan iseng-iseng. Perlu disiplin dan komitmen agar Anda bisa menjalankan diet ini dan memetik hasilnya.

Manfaat Diet Paleo

Image credit: everydayhealth.com

Image credit: everydayhealth.com

Selain membantu menurunkan berat badan, diet Paleo juga memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan. Inilah beberapa di antaranya.

1. Karena tidak membatasi jumlah asupan makanan, diet ini tidak menyiksa kamu, sehingga bisa dilakukan dalam jangka waktu lama, bahkan sebagai gaya hidup.

2. Diet Paleo juga membantu mengurangi risiko sejumlah penyakit seperti diabetes dan kardiovaskuler. Penyakit yang umumnya menyerang kita sekarang seringkali disebabkan oleh pola makan yang kaya gula dan makanan olahan yang mengandung pengawet. Lewat diet Paleo, kita menghindari makanan-makanan yang dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang diet Paleo. Anda tertarik untuk mencoba?