Mengapa Stres Bisa Menyebabkan Gemuk?

Mengapa Stres Bisa Menyebabkan Gemuk?DietCepatAlami.com – Banyak hal yang bisa menyebabkan berat badan naik. Selain faktor makanan dan kurangnya aktivitas, ada faktor lain yang juga menjadi pemicu kegemukan. Salah satu dari faktor tersebut adalah stres. Stres dapat terjadi karena adanya ketegangan mental, emosional maupun fisik seseorang. Bentuk ketegangan ini berdampak pada menurunnya produktivitas dan juga mempengaruhi berat badan seseorang. Ada yang berat badanya turun dalam waktu singkat. Adapula yang malah naik hingga menyebabkan kegemukan.

Mengapa stres bisa menyebabkan gemuk?

Simak ulasan berikut!

1. Stres Memperlambat Proses Metabolisme
Stres berat bisa mengacaukan hormon dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan metabolisme menjadi tidak seimbang. Tubuh menjadi tidak memiliki kemampuan yang cukup maksimal untuk membakar kalori, lemak dan juga gula. Saat stress, tubuh juga tidak bisa mengatur produksi insulin dengan baik, hal ini menyebabkan jumlahnya menjadi berkurang. Sehingga menyebabkan Anda ingin makan makanan yang mengandung kalori dan lemak tinggi. Akibatnya Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Hal lain yang timbul adalah kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol dan jika hal ini dibiarkan, bisa menimbulkan penyakit diabetes.

2. Stres Mengakibatkan Salah Mengenali Lapar
Hormon yang kacau tadi mengakibatkan sinyal yang sampai ke otak juga ikut kacau. Nah, saat ini lah orang jadi bingung menentukan apakah dirinya haus atau sedang lapar. Sayangnya sebagian orang menganggapnya sebagai rasa lapar hingga mereka mengonsumsi makanan berkalori untuk menanggapi sinyal tersebut. Ketika sinyal lapar berhenti, stress bisa memicu keinginan untuk ngemil, parahnya makanan untuk ngemil tersebut berupa makanan-makanan dengan kalori yang tinggi dan kaya lemak. Maka itulah sebabnya Anda jadi ingin makan keripik, es krim, cokelat, dan makanan manis lainnnya.

3. Menimbun Lemak di Perut
Orang yang mengalami stress akan melepaskan hormon kortisol dengan kadar yang tinggi. Efeknya tentu saja berbahaya bila berlebihan karena dapat menyebabkan lemak di area perut menjadi tertimbun. Biasanya ini terjadi pada para pekerja kantoran yang kerjanya hanya duduk di depan meja dan sering mengalami stres tinggi.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa membuat Anda stres. Seringlah berbagi masalah dengan teman Anda, lakukan kegiatan positif, berekreasi, atau jogging bersama teman. Semoga bermanfaat,