Mengapa Program Diet Anda Selalu Gagal? Ini Solusinya

Mengapa Program Diet Anda Selalu Gagal? Ini Solusinya

Mengapa Program Diet Anda Selalu Gagal? Ini SolusinyaDietCepatAlami.com – Apakah saat ini anda sedang menjalani program diet? Statistik menunjukkan bahwa sebagian besar wanita (sebuah angka statistik yang mengejutkan yaitu 95 %), tidak ingin menurunkan berat badan dan tetap mempertahankan berat badannya.  Jadi sebenarnya apa yang membuat program diet anda gagal? Dan apa yang dapat membuat anda yakin bahwa anda salah satu yang termasuk dalam 5% yang berhasil itu?

Berikut beberapa alasan mengapa diet anda gagal:

1. Diet anda terlalu ketat dan  pada akhirnya anda makan sebanyak mungkin makanan pantangan anda

Diet yang sedang anda jalani  menghalangi anda untuk mengkonsumsi semua makanan yang anda sukai seperti coklat, keju, es krim dan keripik.  Anda pun kemudian merasa bahwa kesenangan pribadi anda dirampas.  Selama beberapa minggu anda mungkin bisa bertahan.  Akan tetapi, lama kelamaan anda akan merasa bosan dengan pola diet yang monoton, dan anda menyerah.  Saat anda menyerah, anda pun pada akhirnya akan memakan semua makanan pantangan anda dan akan selalu mengatakan bahwa anda masih sedang diet.  Yaah…anda akan menyangkal tuduhan bahwa anda tidak lagi menjalani diet.

Solusinya : sepotong kecil coklat atau sedikit keripik tidak akan menghancurkan diet anda.  Biarkan diri anda sesekali menikmati makanan favorit anda dalam porsi yang sewajarnya.

2. Anda menyadari bahwa diet anda hanya sementara dan bukan sebuah gaya hidup

Anda mungkin menurunkan berat badan sebelumnya karena adanya acara khusus atau pesta.  Dan kemudian anda tidak lagi bisa kembali pada kebiasan makan anda setelahnya.  Berat badan anda pun kembali naik.  Diet anda hanya sementara, bukan untuk mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.

Solusinya: gunakan program diet anda untuk mencoba banyak jenis makanan yang sehat.  Hal ini bertujuan untuk untuk menemukan cara makan yang sehat untuk anda.

3. Anda tidak sabar dengan hasil dari diet anda

Sekali anda membuat keputusan untuk menurunkan berat badan, maka anda menginginkan program anda cepat selesai secepat mungkin.  Jika anda hanya turun sekitar setengah hingga satu kilogram per minggu, akan anda merasa frtustasi.  Anda pun bertanya, bagaimana dengan yang berhasil menurunkan hingga 15 kg dalam sebulan? Mengapa saya tidak bisa?  Setelah beberapa minggu, anda akan menyerah dan berkesimpulan bahwa anda gagal karena berat badan anda tidak turun sesuai dengan yang anda harapkan.

Solusinya :  selalu ingatkan diri anda bahwa akan butuh beberapa bulan berat badan anda naik, dan akan butuh beberapa waktu juga untuk menurunkannya.  Ingatlah bahwa orang yang mengalami penurunan berat badan secara perlahan akan lebih mudah mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama.

4.  Anda menyerah pada kata “makan semua atau tidak sama sekali”

Suatu hari anda makan coklat dengan secangkir kopi.  Saat anda memakannya, anda pun memutuskan bahwa diet anda gagal.  Anda juga bisa saja tidak memperdulikan pizza pada siang hari, tapi kemudian anda makan dengan lahap pada malam harinya.  Setelahnya andapun masih kelur makan malam.  Anda mungkin akan berhenti diet pada saat itu.

Solusinya :  katakan pada diri anda, bahwa satu keping kue tidak akan merusak diet anda.  Satu hari yang buruk tidak perlu menjadi minggu atau bahkan bulan yang buruk bagi diet anda.  Fokuslah pada membuat pilihan makanan yang baik, bukan yang sempurna.

5. Metabolisme anda melambat

Jika anda memiliki riwayat diet yo yo (berat badan anda turun dan kemudian naik lagi), maka tubuh anda akan  “belajar” untuk  efisien dengan makanan. Itu berarti bahwa anda membakar lebih sedikit kalori saat istirahat, dan saat anda makan berlebihan, tubuh anda akan menyimpan lemak lebih banyak lagi.  Dan akan semakin sulit untuk menurunkan berat bada dan mempertahankannya.

Solusinya :  berolahragalah secara rutin saat anda sedang menjalani program diet.  Hal ini akan membuat tubuh anda memecah dan membakar lemak yang tersimpan sebagai sumber energi.  Latihan aerobik juga dapat menjaga tingkat metabolisme anda.