Ini Alasan Mengapa Anda Harus Berolahraga? Ini Alasannya

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Berolahraga? Ini Alasannya

Mengapa Anda Harus Berolahraga? Ini AlasannyaDietCepatAlami.com – Sebuah penelitian yang dilakukan di Indiana university menyatakan bahwa melakukan olahraga secara rutin dapat mencegah pengerasan pembuluh darah dan risiko penyakit kardiovaskuler. Kurangnya aktivitas fisik dan faktor usia menjadi faktor utama terjadinya pengerasan pada pembuluh darah tersebut, baik oleh tumpukan kolesterol maupun karena zat kapur. Penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan jantung koroner merupakan penyakit yang bisa terjadi bila pembuluh darah sudah kehilangan sifat kelenturannya.

Sebuah studi dilakukan terhadap 49 sampel acak orang dewasa. 16 orang sangat jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, 33 orang adalah perenang dari U.S Matters Swimmers.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan 33 orang yang merupakan perenang tersebut memiliki risiko pengerasan pembuluh darah yang lebih kecil ketimbang mereka yang jarang bahkan tidak pernah olahraga. Partisipan Wanita juga lebih cenderung berisiko terkena pengerasaan otot dibanding Pria

Maleah Holland, seorang peneliti dari University’s School of Health, Physical Education and Research menuturkan bahwa wanita sebaiknya membiasakan diri untuk berolahraga, karena risiko pengerasan pembuluh darahnya lebih besar daripada Pria. Tidak hanya menghindarkan dari penyakit kardiovaskuler, olahraga juga akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh wanita itu sendiri.

Wanita yang aktivitas fisiknya kurang atau jarang berolahraga berisiko besar mengalami penyakit kardiovaskuler daripada pria yang tidak berolahraga atau kurang beraktivitas

Joel Stager yang merupakan direktur sekaligus profesor di University’s Counsilman Center, Department Of Kinesiology juga menegaskan bahwa hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa tingkat aktivitas fisik seseorang jauh lebih berpengaruh besar terhadap kesehatan dibanding faktor usia.