6 Manfaat Minyak Kelapa yang Terbukti Secara Ilmiah

DietCepatAlami.com – Siapa yang tak mengenal kelapa? Hampir setiap bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Buahnya yang muda enak disantap di kala terik, sementara yang tua mantap dijadikan santan yang digunakan pada berbagai masakan.

Tapi, minyak kelapa masih belum banyak dimanfaatkan oleh orang banyak. Padahal, manfaatnya bagi Anda luar biasa, lho. Ini dia sejumlah manfaat minyak kelapa yang sudah terbukti secara ilmiah!

1. Mengandung Asam Lemak yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Image credit: huffingtonpost.ca

Image credit: huffingtonpost.ca

Dulu minyak kelapa dijauhi karena kandungan lemak jenuhnya. Padahal, lemak jenuh tidaklah seburuk yang kita sangka. Terlebih, kelapa merupakan sumber asam lemak jenuh yang sangat kaya.

Minyak kelapa mengandung trigliserida rantai sedang (medium chain triglycerides–MCT) yang dimetabolismekan tubuh dengan cara berbeda dan dapat dijadikan sebagai sumber energi cepat atau diubah menjadi senyawa ketone bodies yang penting bagi otak.

2. Membantu Membakar Lemak Lebih Banyak

Image credit: youqueen.com

Image credit: youqueen.com

Tak hanya jumlahnya, sumber kalori yang Anda pilih juga dapat mempengaruhi kenaikan atau penurunan berat badan. Kalori bukan cuma sekadar kalori. Faktanya, MCT pada minyak kelapa mampu meningkatkan pengeluaran energi dibandingkan dengan lemak rantai panjang dengan jumlah kalori yang sama.

Sebuah studi menemukan bahwa 15-30 gram MCT per hari mampu meningkatkan pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5%, dengan total sekitar 120 kalori per hari. Hal ini berpotensi menurunkan berat badan Anda dalam jangka panjang.

3. Mampu Membunuh Mikroorganisme Patogen di Dalam Tubuh

Image credit; spoonuniversity.com

Image credit; spoonuniversity.com

Tanpa sadar, kita seringkali terpapar oleh mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, dan jamur yang bisa mengganggu kesehatan. Nah, ternyata minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membasmi mikroorganisme ini.

Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam laurat. Ketika dicerna, minyak kelapa juga membentuk zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin inilah yang mampu membunuh patogen berbahaya dan mencegah infeksi.

4. Membantu Anda Makan Lebih Sedikit

Image credit: thegreentribe.com

Image credit: thegreentribe.com

Salah satu keistimewaan dari minyak kelapa yaitu membuat Anda tak mudah lapar, sehingga Anda makan lebih sedikit. Hal ini bisa jadi karena ketone bodies mampu mengurangi nafsu makan Anda.

Dalam sebuah studi, beragam jumlah dari trigliserida rantai menengah dan rantai panjang diberikan pada 6 orang yang sehat. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi MCT paling banyak rata-rata menyantap 256 kalori lebih sedikit dibandingkan yang lainnya.

5. Memperbaiki Kadar Kolesterol Dalam Darah

Image credit; mayoclinic.org

Image credit; mayoclinic.org

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lemak jenuh tidak membahayakan profil lipd darah Anda. Lemak jenuh mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengubah LDL ke bentuk yang lebih jinak. Hal ini dapat diartikan sebagai penurunan risiko penyakit jantung.

6. Membantu Menghilangkan Lemak, Terutama Lemak Area Perut yang Berbahaya

Image credit: columbia.edu

Image credit: columbia.edu

Selain mengurangi nafsu makan, lemak pada minyak kelapa ternyata cukup efektif membantu Anda menyingkirkan jenis lemak yang berbahaya, yaitu lemak di area perut yang diasosiasikan dengan beragam penyakit kardiovaskular.

Dalam sebuah penelitian, 40 wanita dengan obesitas pada abdomen diberikan suplemen 30 ml minyak kelapa setiap hari. Hasilnya, terjadi penurunan yang signifikan baik pada indeks massa tubuh maupun lingkar pinggang dalam periode 12 minggu.

Pada studi yang lain, 20 pria dengan obesitas mengalami penurunan pada lingkar pinggang rata-rata 2,86 cm setelah 4 minggu mengkonsumsi 30 ml minyak kelapa setiap hari.

Angka di atas mungkin tidak terlalu ‘wah’. Tapi, mereka tidak menambahkan olahraga atau membatasi kalori selama observasi, hanya mengandalkan minyak kelapa saja. Luar biasa, ‘kan?

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta tentang manfaat minyak kelapa di atas, apakah Anda tertarik untuk memasukkannya ke dalam pola hidup sehat Anda? Tapi, harap diingat, minyak kelapa tetaplah lemak yang tinggi kalorinya, jadi pergunakan secukupnya saja, ya!