Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Menunjang Program Diet

Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Menunjang Program DietDietCepatAlami.com – Karbohidrat seringkali dijadikan salah satu penyebab utama naiknya berat badan. Bahkan, beberapa jenis diet menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan bahan makanan lain yang lebih kaya akan serat.

Tapi jangan salah dulu! Ternyata, tak semua karbohidrat itu bikin gemuk lho. Karbohidrat kompleks justru baik untuk dikonsumsi dan dapat menunjang program dietmu. Selain itu, di dalamnya terkandung banyak serat dan mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Ada beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam kategori karbohidrat kompleks. Jenis makanan apa sajakah itu?

1. Roti Gandum

Roti Gandum

Roti Gandum via www.i0.wp.com

Roti gandum adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk kamu konsumsi saat diet. Roti ini merupakan hasil olahan dari biji gandum yang mengandung serat tinggi dan dapat membuat kita cepat merasa kenyang.

Namun, kamu harus waspada saat membelinya. Saat ini banyak sekali produk roti gandum abal-abal yang justru hanya mengandung sedikit serat. Periksalah komposisinya terlebih dahulu. Apabila terdapat kandungan fruktosa, perasa buatan sirup jangung, dan tepung terigu, lebih baik jangan dibeli!

2. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal via www.img.minq.com

Makanan yang satu ini memang sehat dan kaya akan serat. Oatmel sendiri terbuat dari biji oat yakni terkenal memiliki indeks glikemiks rendah dan sangat aman dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang diet.

Kamu boleh kok mengkombinasikannya dengan bahan makanan sehat lainnya supaya tidak bosan. Tambahkan saja toping buah-buahan segar yang juga kaya akan serat, atau bisa juga kamu siram dengan yogurt, susu skim, ataupun madu sebagai penambah selera lidahmu.

3. Kacang-kacangan

Kacang merah

Kacang merah via www.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Beberapa jenis kacang juga ternyata mengandung karbohidrat kompleks lho, seperti buncis, kedelai, kacang merah, dan kacang polong. Kacang-kacang ini memang nikmat dikonsumsi dan cepat bikin kenyang lho!

Selain termasuk karbohidrat kompleks, kacang-kacangan mengandung folic acid, serat, vitamin, dan protein yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat sedang beradaptasi dengan program diet yang dijalankan.

4. Sayuran

Sayur-mayur

Sayur-mayur via www.baabinz.com

Nampaknya sayuran memang mengandung banyak sekali kebaikan bagi tubuh kita. Tak Cuma mengandung zat besi, potasium, vitamin, serat, mineral, dan protein, tapi juga ternyata mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet.

Saat sedang maupun tidak berdiet, sangatlah disaranan untuk selalu mengkonsumsi sayuran. Lemak yang dikandung oleh sayuran juga merupakan jenis lemak rendah kalori sehingga tak akan membuatmu gendut. Konsumsilah sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, tomat, lobak, selada, dan wortel.

5. Ubi

Ubi manis

Ubi manis via www.viettropfruit.com

Karbohidrat yang terkandung pada ubi ternyata juga termasuk jenis karbohidrat kompleks yang tidak membuat badan jadi cepat menggendut. Selain itu, ubi juga berguna untuk menjaga kadar gula dalam tetap stabil karena memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk dikonsumsi dibandingkan dengan makanan lain.

Tak cukup sampai di situ, ubi ternyata juga mengandung vitamin C dan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengkonsumsinya, lebih baik dimasak dengan cara dikukus saja, hindari menggorengnya karena berminyak dan dapat merusak kandungan nutrisinya.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Itulah tadi beberpa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi meskipun sedang berdiet. Jadi, mulai sekarang kamu tak perlu lagi memusuhi semua jenis karbohidrat ya!