8 Makanan Sehat yang Diam-Diam Bisa Bikin Anda Lebih Gemuk

DietCepatAlami.com – Menjauhi junk food dan beralih ke makanan sehat adalah langkah awal yang mesti Anda lakukan saat hendak menurunkan berat badan. Namun meski makanan tersebut sehat, mereka masih mengandung kalori dan lemak yang tidak sedikit.

Itulah sebabnya, mengatur porsi makan sangatlah penting. Biarpun sehat, makanan-makanan berikut ini sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebihan bila Anda menginginkan diet Anda sukses.

1. Alpukat

Image credit: hungryforever.com

Image credit: hungryforever.com

Alpukat dianggap sebagai salah satu superfood karena tak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tapi juga mengandung antioksidan, serat, serta lemak tak jenuh yang sehat bagi jantung. Tapi bila Anda ingin lebih ramping, sebaiknya perhatikan asupan buah yang satu ini.

Alpukat kaya akan lemak dan padat kalori. Satu buahnya bisa mengandung lebih dari 350 kalori! Makanya, bila ingin menjadikannya cemilan sehat, cukup konsumsi seperlima buahnya saja. Ini setara dengan sekitar 50 kalori.

(Baca juga: Mengenal Lemak Baik dan Lemak Jahat)

2. Kacang-Kacangan

Image credit: safereating.co.uk

Image credit: safereating.co.uk

Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi jantung, bersama-sama dengan protein, vitamin E, dan serat. Tapi, di dalamnya juga terkandung kalori yang tak sedikit, lho.

Sebagai contoh, seperempat cangkir kacang almond mengandung sekitar 132 kalori. Terlebih, mereka gampang sekali dilahap tanpa Anda sadari. Makanya, sebelum menikmatinya sebagai cemilan, takar dulu satu sajian alih-alih memakannya langsung dari bungkusnya.

(Baca juga: 6 Trik Menghalau Rasa Lapar Untuk Menurunkan Berat Badan)

3. Kurma

Image credit: vemale.com

Image credit: vemale.com

Kurma menjadi salah satu makanan andalan untuk berbuka puasa. Ini karena di dalamnya tak hanya terkandung serat dan zat besi, tapi juga gula yang kadarnya sangat tinggi. Satu buah kurma bisa mengandung sekitar 66 kalori!

Karena kalorinya tersebut, kurma sangat ideal dijadikan sebagai pengembali energi setelah berpuasa. Bila Anda menggemari buah yang satu ini, sebaiknya batasi asupannya, terutama pada hari-hari biasa.

(Baca juga: Bagaimana Program Diet Saat Bulan Puasa?)

4. Yogurt

Yogurt yunani

Image credit: newsvoice.gr

Yogurt umumnya menjadi salah satu menu “wajib” dalam diet. Makanan ini tinggi kalsium dan protein serta mengandung sedikit kalori. Tapi, yogurt dalam kemasan ternyata bisa menyelundupkan kalori tambahan yang tak diinginkan, lho.

Ini karena gula tambahan yang sering terkandung di dalamnya. Jadi, jangan sampai terkecoh sebelum membeli. Pastikan Anda memilih yogurt tawar (plain) dan menggunakan buah segar sebagai pemanisnya. Greek yogurt tawar biasanya lebih baik karena mengandung protein lebih tinggi dan gula lebih rendah.

(Baca juga: Tubuh Langsing Dengan Sarapan Kaya Protein)

5. Smoothies

Image credit: today.com

Image credit: today.com

Siapa sih yang tak suka smoothies? Buah dan sayur yang diblender memang terasa lebih nikmat. Terlebih bila ditambah dengan cokelat, selai kacang, yogurt beku, atau sirup manis dan dihidangkan ke dalam gelas besar. Tapi tunggu dulu, jsutru tambahannya ini yang mengancam diet Anda!

Ya, bahan-bahan tambahan tadi bisa membuat jumlah kalorinya melonjak. Jadi, pastikan smoothies Anda hanya mengandung buah-buahan, sayur, es, serta susu atau yogurt bebas gula.

(Baca juga: Langsing Alami dengan Jus!)

6. Teh

Green tea

Image credit: primerafila.com

Tak ada yang salah dengan secangkir teh sebagai teman sore Anda. Minuman ini memiliki antioksidan tinggi, bahkan teh hijau terbukti mampu membantu menurunkan berat badan.

Yang jadi masalah adalah gula tambahan yang biasa dimasukkan ke dalamnya, terlebih ketika Anda memesan teh manis di rumah makan ataupun membelinya dalam kemasan. Lebih baik, seduh sendiri teh Anda dan tambahkan gula sedikit saja.

(Baca juga: Minum 5 Jenis Teh Ini untuk Menurunkan Berat Badan!)

7. Tahu

Image credit: ohmyveggies.com

Image credit: ohmyveggies.com

Tahu yang diolah dari kedelai ini sebenarnya sangat sehat. Ia kaya akan protein, zat besi, dan kalsium. Setengah cangkir tahu mentah hanya mengandung 90 kalori. Tapi, tahu juga mudah menyerap minyak. Bila digoreng, kalorinya bisa meningkat berlipat-lipat.

Agar tahu yang Anda nikmati tidak menjadi bom lemak di tubuh Anda, cukup gunakan 1 sendok makan minyak bila hendak menumisnya. Atau, mengolahnya dengan cara direbus justru lebih sehat.

(Baca juga: 7 Kiat Cerdas Menikmati Makanan Sehat Dengan Anggaran Terbatas)

8. Salad

Salad tak membuatmu langsing

Image credit: livestrong.com

Ternyata menunjuk salad sebagai menu favorit belum tentu merupakan pilihan yang tepat. Memang, makanan ini kaya akan serat serta vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran hijau dan buah-buahan. Masalah utamanya adalah dressing dari salad tersebut.

Dressing-nya yang lezat mengandung kalori yang tidak sedikit, terutama dressing berbahan baku mayones yang dijual dalam kemasan. Lebih baik buat sendiri dressing Anda!

(Baca juga: Tips Program Diet Tanpa Nasi yang Cepat Menurunkan Berat Badan)

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Meski sehat, tentu Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan-makanan di atas. Jangan sampai berlebihan, ya!