Makan Apa Setelah dan Sebelum Olahraga?

Makan Apa Setelah OlahragaDietCepatAlami.com – Apakah anda rutin berolahraga? Jika jawabannya ya, maka anda perlu mengetahui makanan terbaik sebelum, saat dan setelah berolahraga.

Ahli nutrisi olahraga, Christine Rosenbloom, PhD, RD  membagi tips bagi anda yang rutin berolahraga dan tetap suka makan.

Sebenarnya apa makanan terbaik sebelum kita berolahraga?

Sebelum berolahraga, anda membutuhkan makanan dengan kandungan karobohidrat, protein, lemak tak jenuh yang sehat bagi jantung, dan cairan.

Otot anda akan mengandalkan karbohidrat pada roti, sereal, pasta, nasi, buah-buahan, dan sayuran untuk mrnghasilkan energi dengan cepat.

Anda membutuhkan protein untuk otot anda.  Sel darah merah juga membuthkan protein  yang akan membawa nutrisi dan dan oksigen ke otot anda.

Anda juga membutuhkan cairan. Jika anda kekurangan cairan, maka tubuh anda akan bekerja lebih keras.

Seberapa penting air selama berolahraga?

Air bekerja sebagai sistem pendingin dalam tubuh anda, sehingga anda tidak akan dehidrasi.

Cara terbaik untuk tetap menjaga hidrasi tubuh adalah minum banyak air putih.  Dan sebaiknya minumlah 2 gelas air 2 jam sebelum berolahraga.

Bagaimana dengan minuman berisotonik? Sebenarnya air putih sudah sangat cukup.  Akan tetapi jika anda berolahraga lebih dari 60 menit dalam suasana terik dan anda sangat berkeringat, maka minum isotonik akan membantu.  Minuman berisotonik akan memberikan anda sumber karbohidrat dan natrium dengan baik.

Minuman isotonik juga merupakan pilihan yang baik jika anda bermain dalam tim sepakbola, khususnya jika suhu dan penguapan sedang tinggi.  Jika anda berkeringat banyak, minuman isotonik bisa menjadi pilihan.

Bagaimana dengan berolahraga dalam keadaan perut kosong?

Tergantung pada jenis olahraga yang anda lakukan.  Jika anda berjalan cepat dan jogging ringan, maka tidak mengapa perut anda kosong.  Anda cukup minum segelas air putih sebelumnya.

Jika anda melakukan olahraga yang lebih intensif, maka makanlah karbohidrat yang mudah dicerna misalnya sepotong roti, pisang, atau semangkuk koktail buah untuk membantu menyiapkan energi.

Perlukah mengkonsumsi protein dan karbohidrat setelah berolahraga?

Asupan protein dapat membantu pemulihan dan pertumbuhan otot.  Tidak menjadi masalah dari mana sumber protein tersebut, apakah dari telur rebus ataupun dari segelas susu cokelat.  Yang jelas anda hanya membutuhkan sekitar 10-20 gram protein untuk otot, tidak lebih.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Bagaimana dengan karbohidrat dan lemak? Ternyata jika anda ingin menurunkan berat badan, asupan air putih serta sedikit karbohidrat bisa menjadi pilihan terbaik.  Sebisa mungkin hindarilah makanan yang mengandung lemak.