4 Kiat Menjaga Berat Badan Untuk Ibu yang Sibuk

DietCepatAlami.com – Bila Anda adalah seorang ibu yang sibuk dengan beragam urusan untuk dikerjakan—mengerjakan pekerjaan rumah, rapat dengan klien, memasak, serta mengasuh anak—bisa jadi Anda mengesampingkan kebutuhan untuk memperhatikan diri Anda sendiri.

Kesibukan sebagai ibu memang menyita waktu. Hal ini membuat Anda kesulitan untuk menjaga berat badan lewat olahraga dan pola makan sehat. Tapi, Anda tetap bisa tampil langsing, kok! Lakukan saja kiat-kiat berikut ini sebagai rutinitas harian Anda!

1. Atasi Stres Dengan Cara yang Tepat

Image credit: tsfluff.com

Image credit: tsfluff.com

Banyak wanita yang memanfaatkan makanan sebagai pelarian dari stres. Makanan memang salah satu pelarian paling gampang karena mampu memberi Anda rasa senang dan nyaman, terutama di kala emosi melanda. Sayangnya, hal ini justru menjadi biang kerok dari meningkatnya berat badan Anda.

Untuk mengurangi stres di antara jadwal Anda yang sibuk, cobalah untuk melakukan sedikit olahraga alih-alih lari ke makanan. Sebagai contoh, Anda bisa melatih olah pernapasan sembari membantu anak mengerjakan PR.

2. Lakukan Cara Lama

Image credit: kuwaitfoods.com

Image credit: kuwaitfoods.com

Anda bisa berdandan dan mengenakan pakaian modis agar tetap tampak muda. Tapi, menurunkan berat badan tetap ampuh dilakukan dengan cara lama, yaitu memonitor asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik Anda.

Bawa buku catatan kecil dalam tas Anda dan catat setiap makanan dan minuman yang Anda santap serta olahraga yang Anda lakukan. Setelah beberapa minggu, tinjau catatan Anda, kemudian temukan cara untuk memangkas kalori dan meningkatkan aktivitas fisik Anda.

Sebagai contoh, Anda mungkin bisa melewatkan kopi susu di pagi hari dan memanfaatkan beberapa menit dari jam istirahat siang Anda untuk berjalan kaki.

3. Jangan Menunggu Senggang

Image credit: sightline.org

Image credit: sightline.org

Bila Anda menunggu waktu bebas selama dua jam untuk berolahraga, bisa-bisa Anda bakal jarang olahraga. Sebagai gantinya. cari cara untuk menggabungkan latihan fisik dengan aktivitas harian Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa mengantar anak Anda ke sekolahnya dengan bersepeda. Atau, temani anak Anda bermain petak umpet atau kejar-kejaran, sehingga Anda bisa sekalian berolahraga.

4. Persiapkan Makanan Anda

Image credit: eatthis.com

Image credit: eatthis.com

Ketika jadwal begitu padat, makanan cepat saji memang terasa praktis. Tapi, kebiasaan ini bisa membuat lemak tertimbun di pinggang Anda dan menghalangi usaha menurunkan berat badan. Untuk menghindari hal ini, selalu siapkan bekal yang praktis dan sehat di tas Anda.

Anda bisa membawa sebutir apel, jeruk, atau granola bar di dalam tas. Bila tidak sempat memasak makanan sehat dari awal, cobalah resep-resep dengan slow cooker. Anda bisa memasukkan bahan-bahan sederhana ke dalamnya dan menyiapkan hidangan setelah Anda pulang di sore hari.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, ternyata menjaga berat badan bagi ibu yang sibuk tidak serumit yang diduga, ‘kan? Tetaplah disiplin melakukan kiat-kiat di atas, niscaya berat badan ideal Anda akan berada dalam genggaman!