7 Kiat Cerdas Menikmati Makanan Sehat Dengan Anggaran Terbatas

DietCepatAlami.com – Anggaran belanjamu terbatas? Jelas, mengaturnya agar cukup sampai akhir bulan menjadi tantangan tersendiri. Kita biasanya membeli sedapatnya yang mampu kita beli dan sering mengesampingkan keinginan untuk menikmati makanan sehat.

Padahal, makanan sehat itu penting, lho. Apalagi jika kamu sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya, kamu tetap bisa menikmati makanan sehat dengan dana terbatas, kok! Simak saja kiat-kiat cerdas berikut ini.

1. Dedikasikan Waktu Untuk Masak Sendiri

Image credit: prot.com

Image credit: prot.com

Bila ingin makanan yang sehat dan irit, kamu jelas harus memasaknya sendiri. Sebab, membeli makanan sehat di luar bakal jauh lebih mahal. Jangan ragu untuk belajar masak dan bereksperimen. Ajak juga pasangan untuk membantumu memasak.

2. Rencanakan Dulu Setiap Hal yang Hendak Dibeli

Image credit: foundmichigan.org

Image credit: foundmichigan.org

Dengan uang belanja yang terbatas, perencanaan yang cermat dan hati-hati adalah kunci utama agar kamu bisa tetap makan sehat. Sediakan waktu di awal atau di akhir minggu untuk merencanakan menu selama seminggu ke depan. Cek persediaanmu dan tulis daftar bahan makanan yang perlu dibeli di pasar.

Agar lebih seru, cobalah untuk mengkreasikan berbagai menu dari bahan makan yang sama. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan satu bahan makanan untuk beragam masakan. Gak bakalan bosan, deh!

3. Berburu ke Pasar Tradisional pada Sore Hari atau Menjelang Tutup

Image credit: justinsomnia.org

Image credit: justinsomnia.org

Tergantung dari lokasi tempat tinggalmu, pasar tradisional mungkin bisa menjadi tempat andalanmu untuk berburu bahan makanan. Soalnya, di sini masih bisa ditawar, sih.

Cobalah untuk mendatangi pasar sekitar 1 jam menjelang tutup atau pada sore hari. Penjual biasanya ingin agar dagangannya laku sebanyak mungkin sebelum mereka pulang. Siapa tahu, kamu mendapatkan harga yang sangat miring di sini!

4. Dapatkan Potongan Harga Menarik di Supermarket

Image credit: modernfarmer.com

Image credit: modernfarmer.com

Bahan makanan di supermarket umumnya memang lebih mahal dibandingkan di pasar. Tapi, kamu juga bakal menemukan beragam promo dan potongan harga menarik di sini. Misalnya, sepaket sayuran dan bumbu untuk sup atau potongan daging yang murah.

Tapi ingat, tetap fokus pada hal-hal yang tertera pada daftar belanjaan saja!

5. Nikmati Sumber Nutrisi Alternatif

Image credit: solusisehatku.com

Image credit: solusisehatku.com

Ada beragam cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Salah satunya dengan memanfaatkan sumber nutrien alternatif. Sebagai contoh, protein gak cuma bisa kamu dapat dari daging aja; makanan seperti telur dan tempe jauh lebih terjangkau.

Contoh lain adalah kalsium. Selain dari susu, mineral yang satu ini juga bisa kamu peroleh dari sawi hijau, bayam, dan brokoli. Coba cari tahu lebih lanjut tentang sumber-sumber nutrisi alternatif lainnya lewat sedikit observasi di internet.

6. Masak Sekaligus Untuk Beberapa Hari ke Depan

Image credit: lifehacker.com

Image credit: lifehacker.com

Bila kamu tak keberatan mengkonsumsi menu yang sama selama beberapa hari ke depan, gak ada salahnya untuk memasak makanan yang bisa tahan berhari-hari. Masukkan ke dalam wadah rapat dan simpan dalam lemari es. Bila hendak dimakan, tinggal dipanaskan, deh! Praktis dan gak membuang waktu.

Biar gak membosankan, kamu juga bisa memasak beberapa menu sekaligus untuk dimakan secara selang-seling.

7. Manfaatkan Halaman Belakang Rumah Untuk Berkebun

Image credit: summerscorner.com

Image credit: summerscorner.com

Punya lahan yang nganggur? Kenapa gak memanfaatkannya sebagai kebun mini untuk menanam bahan makanan? Ada beragam sayuran yang bisa kamu tanam sendiri, seperti cabai, kubis, wortel, kangkung, dan sawi. Selain lebih ngirit, makananmu jelas organik, lebih segar, dan bebas bahan kimia!

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Bila paham triknya, menikmati makanan sehat itu sama sekali gak mahal, kok! Siap untuk mencoba?