≡ Menu

Home » Diet Sehat » Kenyang Bukan Penyebab Gemuk?

Kenyang Bukan Penyebab Gemuk?

WSC

Kenyang Bukan Penyebab GemukHal yang diyakini oleh hampir semua orang adalah bahwa Anda tidak boleh makan kenyang jika ingin memiliki badan yang kurus, karena kalau kenyang maka perut jadi buncit. Sampai akhirnya ada yang rela berlapar-lapar demi mendapatkan tubuh langsing. Sedang mereka yang memiliki riwayat penyakit maag merasa tidak mampu untuk melakukan diet. Apakah diet memang mengharuskan Anda lapar? Jawabannya TIDAK! Berlapar-lapar apalagi jika Anda sampai terkena maag bukanlah solusi yang baik dalam menurunkan berat badan. Diet harus dilakukan dengan cara-cara yang sehat dan aman, bukannya malah menyiksa diri.

Berikut ini adalah kondisi yang menyebabkan Anda lapar:

1. Menipisnya kadar (glukosa) gula darah yang tersimpan di hati.
Kondisi ini berbahaya, karena saat itu tubuh mulai kehabisan pasokan energi. Akibatnya, Anda malah akan merasa pusing dan tak bertenaga. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, dianjurkan agar Anda mengonsumsi makanan yang manis. Ini untuk mengganti pasokan gula darah Anda yang habis. Hindari mengonsumsi cemilan seperti permen dan cokelat, lebih baik mengonsumsi makanan normal tapi sehat.

2. Lapar itu pertanda lambung telah kosong.
Kecepatan kita untuk mulai merasakan lapar lagi sangat bergantung pada jenis sarapan yang kita konsumsi. Misalnya, saat Anda sarapan menggunakan oatmeal, Anda akan lebih cepat lapar karena karbohidrat pada oatmeal ini sangat cepat dicerna. Berbeda halnya jika Anda mengonsumsi Omelet yang digoreng menggunakan olive oil (minyak zaitun). Protein dan lemak lebih lambat dicerna. Makanya Anda akan merasa kenyang lebih lama.

3. Tergoda oleh bau makanan enak.
Meskipun sudah makan, kebanyakan orang akan merasa lapar tiba-tiba saat tergoda oleh bau makanan. Ada baiknya Anda menghindari kondisi ini jika Anda benar-benar serius menjalankan diet.

So, apakah kenyang bisa bikin gemuk? Selama anda memahami bagaimana mekanisme yang terjadi saat Anda lapar dan tahu bagaimana caranya agar bisa tetap kenyang, maka tentulah kenyang itu tidak akan menggemukkan. Banyak jenis makanan yang sekalipun dimakan dalam jumlah sedikit bisa membuat kenyang lebih lama, seperti makanan yang kaya serat dan protein.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Jika ingin mengurangi berat badan, sebaiknya buatlah lambung Anda selalu merasa kenyang. Misalnya dengan makan makanan sehat setiap 3-4 jam sekali, seperti buah-buahan dan sayur. Selama lambung kita penuh, tubuh juga akan terus membakar kalori yang dibutuhkan pada proses pencernaan. Jadi, salah jika ada yang bilang menurunkan berat badan itu mesti lapar!