≡ Menu

Home » Diet Sehat » Kenali 7 Gejala Kamu Mengkonsumsi…

Kenali 7 Gejala Kamu Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula

WSC

DietCepatAlami.com – Sepotong cokelat, cupcake, atau brownies memang sukar ditolak lidah. Rasanya yang manis jelas mampu menggoda iman, terlebih bila perutmu sedang merasa lapar. Tapi, hati-hati mengkonsumsinya, sebab makanan-makanan ini mengandung gula.

Gula bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuhmu. Tapi, sadarkah kamu kalau kadar gula yang berlebihan di tubuh tak hanya dapat mengacaukan dietmu, tapi juga berpotensi menganggu kesehatan? Nah, biar kamu sadar untuk ngerem konsumsi gula sebelum terlambat, kenali dulu gejala-gejala bila tubuhmu mengkonsumsi terlalu banyak gula berikut ini.

1. Mudah Merasa Lelah

Image credit: vavista.com

Image credit: vavista.com

Gula adalah salah satu bentuk karbohidrat sederhana yang merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Tanpa gula, kamu bakal merasa kurang berenergi untuk menjalani hari.

Sebaliknya, konsumsi gula yang terlalu tinggi juga bisa membuat kamu mudah merasa lelah sepanjang waktu, lho. Ini terjadi karena kadar gula darah akan naik turun secara drastis. Kalau kamu mudah merasa lelah meski aktivitasmu gak terlalu berat, coba cek lagi berapa banyak gula yang kamu konsumsi.

2. Sukar Menolak Makanan Manis

Image credit: popsugar.com

Image credit: popsugar.com

Gula itu ibarat narkoba. Semakin banyak kamu mengkonsumsinya, semakin ketagihan dirimu. Ini karena gula mampu memicu pelepasan opioid dan dopamin di otak yang merangsang rasa senang.

Yang berbahaya, tubuhmu mampu mentoleransi yang berujung pada keinginan untuk mengkonsumsi lebih banyak gula. Kalau kamu sukar jauh-jauh dari gula dan makanan manis lainnya, bisa jadi kamu mengalami ketagihan. Ini jelas gak baik buat kesehatan.

3. Mengalami Sejumlah Masalah Pada Kulit

Image credit: stylefox.co

Image credit: stylefox.co

Jangan salah, efek kelebihan gula juga bisa nampak dari luar, lho. Dalam hal ini, kondisi kulitmulah yang akan terpengaruh. Mulai dari kantung mata yang menghitam, jerawat, kulit kering atau kelebihan minyak, sampai penuaan dini.

Hal ini terjadi karena gula memiliki efek inflamasi pada tubuh, sehingga ia mampu mempengaruhi kondisi kulitmu. Jadi, kalau kamu seringkali mengalami masalah kulit seperti yang disebutkan tadi, yuk cek lagi asupan gula harianmu.

4. Memiliki Problem Pada Gigi

Image credit: toryhilldental.com

Image credit: toryhilldental.com

Kita semua pasti pernah dinasihati bila gula bisa merusak gigi. Hal ini memang fakta. Nah, bila kamu seringkali mendapati gigimu berlubang dan mesti ditambal. bisa jadi gula adalah biang keroknya.

Gula mampu menyusup di sela-sela gigi dan membusuk di sana, sehingga akhirnya merusak enamel gigi dan melubanginya. Selain rajin menyikat gigi, jangan lupa kurangi konsumsi gulamu, ya!

5. Gampang Terserang Flu dan Demam

Image credit: netdoctor.co.uk

Image credit: netdoctor.co.uk

Apa kamu menyadari bila akhir-akhir ini kamu lebih mudah terserang penyakit ringan seperti flu dan demam? Hati-hati, sebab gula sanggup melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Tubuhmu pun bakal lebih rentan terhadap penyakit dan stres.

6. Bobot Tubuh yang Naik Tajam

Image credit: cnn.com

Image credit: cnn.com

Gula kaya akan kalori. Bila kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, tubuhmu akan menyimpan kelebihan energi tersebut sebagai lemak, sehingga bobot tubuhmu pun gampang meningkat secara drastis.

Hal ini tak hanya mengganggu penampilanmu, tapi juga berujung pada beragam masalah kesehatan seperti obesitas serta gangguan jantung dan kardiovaskuler.

7. Kamu pun Dapat Mengalami Depresi dan Kecemasan

Image credit: yourtango.com

Image credit: yourtango.com

Konsumsi gula berlebih tak hanya membuat tubuhmu nge-drop, kondisi emosionalmu pun bisa ikutan nge-drop. Ketika efek dorongan energi dari gula berakhir, rasa lelah secara fisik juga bisa diikuti dengan kelelahan emosional.

Hal ini membuat kamu rentan terhadap gangguan emosional seperti depresi, cemas, dan kesedihan. Bila ini sering terjadi padamu, bisa jadi ini adalah salah satu tanda bahwa kamu harus memangkas asupan gula sehari-hari.

 

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, kini kamu sudah lebih paham tentang gejala-gejala yang nampak dari konsumsi terlalu banyak gula, ‘kan? Yuk, kita kurangi mulai detik ini!