Inilah 5 Hal Penyebab Naiknya Berat Badan Anda di Tempat Kerja!

DietCepatAlami.com – Bekerja cukup menguras energi dan membuat kita lupa diri, termasuk lupa menjaga pola makan. Itulah mengapa sebagian dari kita mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan semenjak ia bekerja. Apalagi, wanita cenderung lebih gampang menaikkan angka di timbangan dibanding pria.

Agar tetap bisa menyeimbangkan antara kerja dan lingkar perut, ini dia 5 hal penyebab naiknya berat badan Anda di tempat kerja plus solusinya.

1. Si Tukang Ngemil

Image credit: careers.workopolis.com

Image credit: careers.workopolis.com

Rekan kerja Anda tak pernah absen ngemil makanan di kantor? Hati-hati, karena mereka bisa mempengaruhi Anda untuk ikutan “lapar” melihat cemilan tergeletak di atas pantry atau meja rapat.

Anda cenderung makan dua kali lebih banyak ketika makanan berada dalam jarak pandang Anda. Jadi, sebisa mungkin hindari pantry dan ambil posisi duduk terjauh dari hidangan ketika rapat. Tapi, tetap berikan keleluasaan Anda untuk ngemil sekali seminggu, secara terkontrol tentunya.

2. Teman Makan Siang

Image credit: emlii.com

Image credit: emlii.com

Kita rata-rata makan 30 persen lebih banyak ketika bersama orang lain. Ini karena kita cenderung meniru apa yang mereka pesan, termasuk memesan makanan pencuci mulut meski kita sudah kenyang. Sambil mengobrol, semuanya bakal tak terasa.

Sebaiknya, bawa bekal makan siang dari rumah. Anda bisa memakannya di kantin kantor bersama rekan Anda. Yang penting, porsi makan Anda tetap terkontrol.

3. Suhu Dingin

Image credit: nytimes.com

Image credit: nytimes.com

Suhu ruangan yang terlalu dingin membuat tubuh beradaptasi dengan menimbun lebih banyak lemak. Tubuh mulai beradaptasi pada suhu 24°C, sementara suhu ruangan di kantor seringkali mencapai 22°C. Perbedaan suhu ini saja bisa menaikkan berat badan hingga 1 Kg setahun, meskipun Anda tidak menambah asupan kalori.

Alih-alih memakai rok pendek, pakailah celana panjang—jins bila diperkenankan. Tak hanya membuat Anda lebih hangat, penelitian juga menunjukkan kalau berpakaian kasual di kantor membuat Anda lebih aktif.

4. Kurang Sinar Matahari

Image credit:rosstcf312.blogspot.com

Image credit:rosstcf312.blogspot.com

Anda jarang merasakan sinar matahari di tempat kerja? Sebuah riset menemukan hubungan antara berat badan dan paparan sinar matahari, terutama saat pagi. Bekerja di kubikel tanpa sinar matahari bisa memberi Anda tambahan rata-rata 0,7 kg, dibandingkan dengan mereka yang terpapar cahaya pagi.

Teori mengatakan bahwa sinar matahari pagi menjaga nafsu makan tetap normal, sementara kekurangan sinar matahari bisa meningkatkan nafsu makan dan resistensi insulin.

Untuk mengatasinya, coba ambil jalan memutar ke kantor, adakan rapat di ruang berjendela, dan nikmati jalan kaki sejenak sebelum siang. Dapatkan setidaknya 20 menit sinar matahari di pagi hari.

5. Jadwal yang Padat

Image credit: jrmcoaching.com.br

Image credit: jrmcoaching.com.br

Jadwal kerja yang padat menguras waktu pribadi Anda. Ini membuat Anda gampang stres karena Anda seringkali tak punya waktu lebih untuk memanjakan diri—misalnya pola makan sehat dan berolahraga, padahal hal semacam itulah senjata yang mampu memerangi stres.

Jangan biarkan jadwal yang sibuk menghalangi Anda untuk langsing. Mengetahui bahwa hari itu Anda bakal diburu waktu, konsumsi makanan tinggi protein sebagai sarapan Anda. Studi terbaru menemukan bahwa mengkonsumsi setengah dari total kalori harian Anda pada saat sarapan bisa membantu menurunkan berat badan.

Lalu, jangan lupa mengemas cemilan kaya protein untuk menjaga gula darah dan nafsu makan tetap normal di siang hari.

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Kalau merasa berat badan Anda cenderung bertambah di tempat kerja, segera evaluasi penyebab-penyebab di atas dan atasi dengan solusi yang tepat!