Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Anda Saat Mengkonsumsi Soda Diet!

DietCepatAlami.com – Minuman soda memang nikmat di lidah, tapi kadar gula yang tinggi membuat minuman ini tak boleh dikonsumsi sering-sering. Beberapa produsen minuman soda ini lantas menyiasatinya dengan memproduksi soda diet, yaitu soda dengan pemanis buatan yang tanpa kalori, dengan harapan mereka yang tengah memperhatikan asupan kalori juga dapat menikmati minuman ini dengan tenang.

Tapi, ahli farmasi dari Inggris mengungkapkan bahwa soda diet tak lebih baik dari versi aslinya. Mereka sama-sama berpengaruh bagi kesehatan. Ini dia yang terjadi dalam tubuh Anda saat mengkonsumsi soda diet sejak 10 menit pertama sampai satu jam setelahnya!

10 Menit Pertama: Menipu Indera Pengecap dan Menyerang Gigi

Image credit: kitchener.ctvnews.ca

Image credit: kitchener.ctvnews.ca

Soda mengandung phosphoric acid yang menyerang enamel gigi, sementara pemanis buatan seperti aspartam juga menipu sistem tubuh Anda. Aspartam dapat memicu reseptor rasa sehingga tubuh Anda mengira ia harus memproses gula, padahal tak ada gula yang masuk.

Ketika lidah Anda mengecap rasa manis, tubuh merespon dengan melepaskan hormon insulin dari pankreas. Gelombang insulin ini bisa mengurangi sensitivitas pankreas terhadap insulin. Hal ini bisa membuat Anda berisiko lebih tinggi terhadap diabetes tipe 2.

20 Menit: Membuat Tubuh Menyimpan Lemak

Image credit: womentowomen.com

Image credit: womentowomen.com

Insulin yang terpicu dari konsumsi soda membuat tubuh Anda masuk ke dalam mode menyimpan lemak. Hal ini meningkatkan risiko diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung.

Penyerapan insulin dalam darah itu lengkap. Masalahnya, soda diet tidak mengandung gula yang bisa diproses. Ketika kadar insulin dalam darah terlalu banyak, kadar gula darah Anda menurun drastis dan membuat Anda mengidam yang manis-manis. Ini membuat Anda kembali ingin mengkonsumsi soda diet, dan siklus pun berlanjut.

40 Menit: Menyebabkan Ketagihan

Image credit: cnn.com

Image credit: cnn.com

Kombinasi kafein dan aspartam dalam soda diet menciptakan rasa  ketagihan jangka pendek dengan cara yang mirip kokain. Excitotoxin dilepaskan dan bisa menimbulkan kelelahan pada otak Anda akibat stimulasi berlebihan pada reseptornya, terutama bila Anda mengkonsumsinya secara rutin.

Kafein mematikan reseptor lelah dalam tubuh dan menciptakan energi semu yang memaksa tubuh Anda bekerja melebihi batas. Sementara, aspartam menjadi semacam neurotoksin ketika mencapai otak, menimbulkan migrain dan gangguan neurologis bagi sebagian orang. Karena keduanya mempengaruhi pusat rasa senang di otak, kombinasi ini bisa bikin Anda ketagihan.

60 Menit: Menguras Nutrisi, Membuat Anda Lebih Lapar dan Haus

Image credit: getholistichealth.com

Image credit: getholistichealth.com

Berbeda dari soda biasa yang bisa memberi rasa puas, soda diet membuat Anda tetap mengidam makanan manis. Ini membuat Anda cenderung mengambil lebih banyak soda atau junk food. Apalagi, soda diet tidak memiliki nutrisi apa-apa, membuat Anda kehilangan nutrisi yang seharusnya bisa didapatkan dari minuman lainnya. Selain itu, soda diet juga tidak memuaskan dahaga Anda, malah membuat Anda dehidrasi.

Dehidrasi membuat Anda merasa letih dan mengantuk, sehingga membuat Anda ingin mengkonsumsi lebih banyak kafein. Akhirnya, lingkaran setan soda diet ini terus berputar. Semakin lama semakin buruk, membuat Anda mengalami kenaikan berat badan dan mengganggu fungsi tubuh.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Tak  hanya soda diet, ternyata minuman lainnya yang mengandung pemanis buatan yang sama juga memiliki efek yang serupa. Jadi, lebih baik hindari minuman semacam ini mulai dari sekarang kalau Anda menginginkan tubuh yang lebih langsing dan sehat!