Ini Nih Kebiasaan-Kebiasaan Sepele yang Membuatmu Cepat Gendut!

Ini Nih Kebiasaan-Kebiasaan Sepele yang Membuatmu Cepat Gendut!

Ini Nih Kebiasaan-Kebiasaan Sepele yang Membuatmu Cepat Gendut!DietCepatAlami.com – Usaha untuk berdiet atau menurunkan berat badan tentunya juga harus diimbangi dengan perubahan gaya hidup . Tak terkecuali dengan kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Siapa sangka berat badan kita semakin hari semakin naik itu ternyata disebabkan oleh kebiasaan sepele tersebut?

Terdapat beberapa kebiasaan sepele yang mungkin selama ini tak pernah kamu sadari ternyata jadi penyebab utama dietmu gagal dan bahkan berat badan semakin lama semakin naik pesat.

Apabila kita tak menghentikan kebiasaan tersebut, sudah pasti usaha untuk menurunkan berat badan hanya jadi isapan jempol semata. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan sepele yang harus kamu hentikan sekarang juga bila ingin badanmu cepat ramping!

1. Kurang tidur dan tidur terlalu banyak!

Kurang tidur

Kurang tidur via www.cdn.paradietas.com

Kata siapa pola tidur tak ada hubungannya dengan obesitas? Baik kekurangan maupun kelebihan jam tidur dapat membuat berat badanmu jadi naik pesat. Ketika pola tidurmu tak beraturan, baik itu kurang dari 6 jam per hari atau bahkan lebih dari 8 jam sehari, menyebabkan terganggunya proses metabolisme tubuh.

Ketika metabolisme tidak lancar, kamu akan merasa cepat sekali lelah sehingga memicu dan merangsang nafsu makan yang lebih besar lagi. Akibatnya pola makanmu pun jadi tak beraturan.

2. Mengkonsumsi makanan dan minuman berlabel “Low fat” atau “Free fat”.

Konsumsi makanan rendah lemak

Konsumsi makanan rendah lemak via www.yalo.su

Sekarang ini semakin banyak produk-produk makanan berlabel “low fat” atau “free fat” yang katanya nggak bikin gemuk apabila dikonsumsi. Eits, tapi jangan keburu tertipu dulu ya, karena sebenarnya makanan berlabel tersebut nyatanya malah berisiko menambah nafsu makanmu.

Kandungan lemak pada produk makanan dan minuman ini memang tidak banyak, tapi lemak tersebut akan diganti dengan gula atau bahan-bahan kimia lain yang justru lebih berbahaya ketimbang lemak. Bahan-bahan tersebut diserap oleh tubuh dengan sangat cepat, sehingga kamu akan merasa lebih cepat lapar dan semakin sering makan.

Daripada menggantungkan harapan memiliki tubuh langsing pada produk makanan dan minuman seperti ini, lebih baik kamu sendiri yang mengaturnya. Pilihlah makanan yang jelas-jelas mengandung banyak nutrisi dan serat.

3. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan via www.rotahaber.com

Kebanyakan orang-orang tak begitu peduli dengan urusan perut mereka di pagi hari, padahal itu bisa membuat program dietmu kacau lho! Bahkan, banyak yang menganggap bahwa melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Hal ini bukan isu semata. Ternyata berdasarkan penelitian, melewatkan sarapan dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, akibatnya adalah tubuhmu jadi cepat merasa lapar sehingga pada saat jam makan selanjutnya kamu bernafsu untuk makan lebih banyak dan lebih sering nyemil apapun.

4. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat via www.deguapas.com

Apakah kamu salah satu orang yang punya kebiasaan makan terlalu cepat? Kalau iya, maka segera hentikan kebiasaanmu itu. Mulailah untuk lebih pelan-pelan saat mengunyah makanan dan cobalah untuk lebih menikmati hidangan makananmu dengan santai.

Bukan hanya mencegah agar kamu tak tersedak, namun menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa otak kita akan menangkap sinyal “kenyang” dari perut setelah kita makan selama 20 menit. Apabila waktu kita makan kurang dari 20 menit, maka kita tidak akan merasa benar-benar kenyang.

Selama otak kita tidak menangkap sinyal kenyang, makan nafsu untuk terus makan dan nyemil akan terus timbul. Cobalah untuk mengunyah makananmu setidaknya 15 – 20 kali. Dan makanlah paling tidak selama 20 menit.

5. Makan sambil nonton TV

Makan sambil nonton tv

Makan sambil nonton tv via www.blogphunu.vn

Makan dan nyemil di depan TV atau laptop memang sangat mengasyikkan. Tapi, sadarkah kamu jika kebiasaanmu itu dapat mengacaukan konsentrasi otakmu. Saat kamu makan samibl menikmati tayangan televisi atau asyik browsing di internet menyebabkan otakmu tidak bisa fokus pada kegiatan utama yang sedang kamu lakukan.

Akibatnya cukup fatal, kamu bisa tak ingat seberapa banyak makanan yang sudah kamu santap dan makanan apa saja yang telah kamu lahap. Makan sambil bermalas-malasan depan TV juga membuatmu malas untuk beraktivitas lagi sehingga kalori yang telah kamu konsumsi tidak akan banyak terbakar.

6. Pesan porsi makanan jumbo

akan porsi jumbo

Makan porsi jumbo via www.imgur.com

Porsi makanan jumbo memang sangat menggiurkan. Kadang, kita tergoda memesan makanan dalam porsi jumbo karena jika dihitung lebih seksama harganya jauh lebih hemat dan kamu berharap bisa lebih kenyang lama sehingga tak akan banyak ngemil dan tak perlu makan lagi di jam makan berikutnya.

Anggapan ini memang tak sepenuhnya salah, namun ini bisa jadi langkah yang salah jika kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Memesan makanan porsi jumbo berarti kamu akan makan makanan yang sebenarnya tidak kamu perlukan, dan juga secara otomatis kamu mengkonsumsi kalori yang berlebihan.

7. Sering mengkonsumsi soda

Minum diet soda

Minum diet soda via www.bien.hu

Soda adalah minuman yang harus kamu jauhi! Minuman bersoda adalah penyebab utama seseorang terjangkit obesitas. Memang saat ini sudah ada diet soda, tapi efeknya akan sama saja.

Minuman soda mengandung banyak sekali gula. Meminum satu gelas soda sama halnya dengan meminum satu gelas penuh gula. Sedangkan, minuman diet soda menimbulkan nafsu makan yang lebih besar pada otakmu.

Kebiasaan-kebiasaan di atas sangat sepele bukan? Tapi setelah tahu dampaknya, kamu tak boleh lagi menyepelekannya. Segera hentikan dan ubah kebiasaan-kebiasaan sepele tersebut. Dijamin, usahamu untuk menurunkan berat badan akan lebih lancar dan sukses!