Ini 9 Manfaat Konsumsi Semangka Buat Kesehatan Anda!

DietCepatAlami.com – Siapa yang tak familiar dengan buah semangka? Tak hanya lezat disantap, buah ini juga sangat menyegarkan. Per cangkirnya, semangka hanya mengandung 49 kalori. Tapi, ia kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta senyawa nabati yang baik bagi tubuh.

Mau tahu apa saja manfaat kesehatan di balik segarnya semangka? Yuk, kita kuak sama-sama.

1. Membantu Hidrasi Tubuh

Tubuh kita membutuhkan banyak cairan. Itulah sebabnya mengapa ia harus selalu terhidrasi. Selain air putih,  konsumsi makanan yang tinggi kadar airnya juga membantu menghilangkan dahaga Anda.

Yang menarik, semangka terdiri dari 92% air. Kandungan air yang tinggi plus serat dalam buah ini membantu hidrasi tubuh sekaligus membuat Anda lebih kenyang tanpa mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

watermelon--tourmaline.tumblr.com

watermelon–tourmaline.tumblr.com

2. Mengandung Nutrisi dan Senyawa yang Bermanfaat

Semangka adalah salah satu buah yang memiliki kalori terendah, yaitu 46 kalori per cangkirnya (154 gram). Ia juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, kalium, magnesium, vitamin B1, B5, dan B6, serta beta-karoten dan likopen yang bermanfaat sebagai antioksidan.

3. Membantu Mencegah Kanker

Likopen yang disinggung sebelumnya ternyata punya efek anti-kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa asupan likopen berhubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Likopen bekerja menurunkan IGF, senyawa protein yang berhubungan dengan pembelahan sel.

eathealthystayhealthy.wordpress.com

eathealthystayhealthy.wordpress.com

4. Memperbaiki Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di seluruh dunia. Selain gaya hidup sehat, senyawa yang terkandung dalam semangka juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa studi menunjukkan bahwa likopen dalam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Semangka juga mengandung sitrulin, asam amino yang berperan dalam pelebaran pembuluh darah.

5. Bisa Mengurangi Inflamasi dan Stres Oksidatif

Inflamasi merupakan salah satu pemicu sejumlah penyakit kronis. Sementara, stres oksidatif adalah kondisi di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh berlebihan, sehingga sukar dinetralkan. Nah, likopen dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan bisa mencegah dan mengurangi masalah yang disebutkan tadi.

huffingtonpost.com

huffingtonpost.com

6. Dapat Mencegah Degenerasi Makula

Semangka juga ternyata baik bagi kesehatan mata, termasuk mencegah degenerasi makula yang umumnya berhubungan dengan usia. Ini adalah masalah mata yang umum yang dapat menimbulkan kebutaan pada lansia.

Antioksidan likopen berperan membantu mencegah dan mengurangi perkembangan degenerasi makula.

7. Membantu Meredakan Nyeri Otot

Sitrulin pada semangka ternyata juga dapat mengurangi nyeri otot yang biasanya dialami setelah melakukan olahraga berat. Yang menarik, jus semangka membantu meningkatkan ketersediaan sitrulin dalam tubuh Anda.

Dalam sebuah studi, sejumlah atlet diberikan jus semangka biasa, jus semangka yang dicampur sitrulin, dan sitrulin saja. Hasilnya, peminum kedua jus lebih sedikit mengalami nyeri otot dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi sitrulin.

pixabay.com

pixabay.com

8. Baik Bagi Kulit dan Rambut

Vitamin A dan C yang terkandung dalam semangka sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda. Vitamin C membantu tubuh membentuk kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kenyal dan rambut kuat.

Sementara, vitamin A berfungsi membantu regenerasi sel kulit. Kurang vitamin A bisa membuat kulit Anda kering dan bersisik.

9. Membantu Kesehatan Pencernaan

Selain kaya kandungan air, semangka juga mengandung sedikit serat. Keduanya berperan penting bagi kesehatan pencernaan. Serat membantu pembuangan kotoran menjadi semakin efisien, sementara air menjaga gerakan sistem pencernaan tetap baik.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, itulah sejumlah manfaat penting dari semangka bagi kesehatan Anda. Sudah mengkonsumsi buah hari ini?