Ini 6 Tips Tetap Langsing dan Sehat Saat Pesta Idul Adha

Ini 6 Tips Tetap Langsing dan Sehat Saat Pesta Idul Adha

DietCepatAlami.com – Idul Adha merupakan  momentum untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung sekaligus kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga. Hari raya ini juga identik dengan beragam hidangan berupa daging kambing dan sapi di rumah. Tentunya, tak mudah menghindari makanan-makanan berlemak ini saat Idul Adha,

Nah, buat Anda yang tetap peduli dengan berat badan dan kesehatan, menikmati hidangan Idul Adha tentu sah-sah saja. Namun, jangan lupa perhatikan tips berikut ini agar Anda tetap langsing dan sehat, ya!

1. Pilihlah Masakan yang Rendah Lemak

Image credit: chewtheworld.com

Image credit: chewtheworld.com

Bila Anda kebagian peran memasak, lebih baik masaklah daging yang termasuk sedikit kandungan lemaknya, misalnya pada bagian paha. Selain itu, Anda juga bisa memisahkan lemak dari daging secara manual, atau membuang air rebusan daging sebelum dimasak kembali. Lemak pada daging ini biasanya terangkat ke permukaan air pada saat direbus.

Masakan yang dipanggang dan direbus juga biasanya lebih sehat daripada yang dibumbui dengan santan. Selain itu, Anda juga bisa membatasi penggunaan garam pada masakan. Dengan begitu, tekanan darah Anda dan orang-orang yang Anda sayangi akan selalu terkendali.

2. Konsumsi Dalam Porsi Kecil

Image credit; bango.co.id

Image credit; bango.co.id

Ingin mencicipi gulai kambing buatan ibu Anda yang tampak menggoda? Ambillah menggunakan piring berukuran kecil, sehingga porsi Anda tetap terkontrol. Jangan lupa kurangi pula asupan karbohidrat dari nasi putih untuk memangkas jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Image credit: eatthis.com

Image credit: eatthis.com

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur bisa menjadi strategi ampuh saat pesta Idul Adha. Karbohidrat dan serat dalam buah dan sayur biasanya lebih lambat dicerna, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Pilih buah yang kaya kandungan serat dan antioksidan, misalnya apel dengan kulitnya. Dengan begitu, nafsu untuk mengkonsumsi daging-dagingan pun dapat terkendali dengan baik!

4. Pilih Air Putih

Image credit: doctoroz.com

Image credit: doctoroz.com

Untuk menjaga kalori tetap terkontrol, hindari konsumsi minuman manis seperti teh manis atau sirup. Karena kadar gula yang tinggi, meneguk minuman ini cuma akan membuat Anda memasukkan lebih banyak kalori ke dalam tubuh.

Sebagai gantinya, minumlah air putih pada setiap kesempatan. Selain lebih sehat, air putih juga membuat Anda lebih mudah kenyang. Untuk menjaga porsi santapan Anda, konsumsilah satu gelas air putih sebelum makan.

5. Perbanyak Aktivitas Fisik

Image credit: youqueen.com

Image credit: youqueen.com

Agar tubuh Anda tetap langsing meski menghadapi santapan Idul Adha, perbanyaklah aktivitas fisik yang Anda lakukan. Selain berolahraga setidaknya 30 menit sehari, libatkan juga diri Anda dengan aktivitas-aktivitas yang cukup menguras tenaga. Misalnya, memasak, mencuci piring-piring kotor, sampai ikut berkeliling membagikan daging kurban ke tetangga sekitar.

6. Kurangi Asupan Kalori di Lain Hari

Imae credit: first.diet

Imae credit: first.diet

Anda boleh-boleh saja tak menahan diri pada saat pesta Idul Adha. Tapi, jangan lupa untuk membayar “utang” Anda dengan memangkas asupan kalori lebih banyak di lain hari. Dengan begitu, konsumsi daging saat jamuan tidak akan menjadi masalah bagi berat badan Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mengikuti jamuan Idul Adha. Selamat hari raya!