Ingin Menurunkan Berat Badan? Pilah Jenis Kalori Yang Anda Makan.

Ingin Menurunkan Berat Badan? Pilah Jenis Kalori Yang Anda Makan.

Ingin Menurunkan Berat Badan? Pilah Jenis Kalori Yang Anda Makan.DietCepatAlami.com – Saat anda mulai mengenal diet, yang pertama kali dijelaskan adalah tentang mengatur pola makan, namun tidak berarti bahwa anda hanya perlu makan sekali saja atau tidak makan sama sekali. Setelah itu ilmu dasar bila anda ingin menurunkan berat badan adalah mengusahakan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dibanding kalori yang dikeluarkan. Seperti itukah yang benar? Jawabannya bisa YA bisa juga TIDAK,  bahkan jika keliru mengkonsumsi kalori justru membuat badan anda bertambah gemuk.

Untuk menurunkan berat badan, jumlah kalori yang dikeluarkan harus lebih banyak dibanding kalo yang masuk? Mari kita lihat contoh lainnya, sehelai bulu dengan berat 1 ons dan batu 1 ons, bila dijatuhkan secara bersamaan di ruang hampa udara. Benda mana yang akan sampai ke lantai lebih dulu? Tentu saja keduanya akan sampai bersamaan karena beratnya juga sama. Akan tetapi, mari anda lakukan percobaan yang seperti itu namun bukan di ruang hampa tapi dijatuhkan di ruang terbuka di atas gedung misalnya. Meskipun beratnya sama, tentu yang sampai lebih dulu adalah batu. Benar bukan?

Mengapa batu sampai ke bawah lebih dulu? Ini karena ada Resistensi udara, yang mana udara dapat menahan laju sehelai rambut tersebut ke tanah. Nah, kita kembali pada pembahasan mengenai kalori, memang jika pengujian di laboratorium, semua jenis kalori tetaplah kalori dan jika yang dikeluarkan lebih banyak dibanding kalori yang masuk maka akan terjadi penurunan berat badan. Ini sama halnya dengan uji coba rambut dan batu di ruang hampa udara tersebut. Namun, jika kalori dalam bentuk makanan dilakukan percobaan pada tubuh, maka akan banyak faktor yang bisa mempengaruhi tanpa anda sadari, seperti halnya udara pada uji coba batu dan bulu tadi.

Tubuh manusia membakar kalori terus menerus secara konsisten setiap waktu, bahkan saat seseorang sedang tidur. Oleh karena itu, masuknya kalori ke dalam tubuh dengan cepat dalam waktu singkat mengakibatkan jumlah kalori pun meningkat dan yang terpakai hanya sesuai kebutuhan, sisanya tersimpan menjadi lemak. Contohnya, anda menenggak minuman bersoda dengan jumlah 50 kalori, kalori disuntikkan dengan cepat masuk ke tubuh karena soda mengandung karbohidrat yang sangat gampang diserap oleh tubuh. Coba bandingkan saat mengkonsumsi ubi dengan kalori 50 ons juga, bedanya ubi adalah karbohidrat kompleks, yang butuh proses lebih lama untuk diserap, maka kalori pada ubi tersebut akan diserap oleh tubuh secara perlahan sehinga terjadi peningkatan kalori tubuh dan tidak ada yang diubah menjadi lemak.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa hal terpenting saat anda ingin menurunkan berat badan bukanlah seberapa besar jumlah kalori yang anda makan akan tetapi yang terpenting jenis kalorinya. Karena tidak semua jenis kalori itu sama. Dalam lab, kalori merupakan kalori, sedangkan tubuh manusia akan memproses kalori sesuai dengan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Beda jenis makanan beda pula ia di proses. Karenanya, pertimbangkan jenis kalori yang anda makan.