≡ Menu

Home » Tips Diet » Ingin Memulai Diet? Kenali Dahulu…

Ingin Memulai Diet? Kenali Dahulu Jenis Dietnya

WSC

Ingin Memulai Diet? Kenali Dahulu Jenis DietnyaDietCepatAlami.com – Anda mungkin mengenal beberapa jenis diet.  Atau bahkan ada di antara anda yang sedang menjalani diet tersebut.

Berikut beberapa jenis teknik diet yang mungkin bisa menjadi panduan bagi anda.

Diet Food Combining

Food Combining adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, baik untuk makan pagi, makan siang maupun makan malam. Dalam pola makan food combining, karbohidrat tidak dicampurkan dengan protein dari unsur hewani karena memperberat kerja pencernaan.

Diet food combining meliputi  hal-hal di bawah ini :

  • Konsumsi Sayuran dan Buah
    Konsumsi buah dan sayuran menjadi sangat penting dalam diet ini.  Oleh karenanya pada diet ini, dibebaskan konsumsi sumber karbohidrat dari manapun, asalkan bukan makanan olahan, dengan catatan buah dan sayuran selalu ada dalam menu makanan.
  • Mengikuti Siklus Alami Metabolisme Tubuh
    Berbeda dengan jenis diet lainnya, diet food combining ini menggunakan pengaturan kombinasi makanan.  Tujuannya adalah agar tubuh lebih hemat menggunakan energi untuk memproses makanan dan zat gizi tidak akan terbuang.  Misalnya nasi dengan sayuran dan tempe, Ikan dan Sayuran, atau sarapan dengan menu buah-buahan saja.
  • Menjaga Keseimbangan Asam-Basa
    Beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa pencernaan akan berjalan dengan efektif apabila jaringan tubuh dan darah cenderung mendekati kondisi basa, yaitu pH antara 7,35 – 7,45.  Jika jaringan tubuh dan darah berada dalam kondisi asam, maka kita akan mudah kembung dan diare.
  • Tidak Memerlukan Takaran Konsumsi Makanan
    Dalam diet ini, tidak ada takaran yang khusus, asalkan kombinasinya serasi.  Diet ini seringkali dipraktekkan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, diet penyakit dan untuk mendapatkan kesehatan yang prima.

Diet Vegetarian

Pola makan vegetarian dikatakan memiliki banyak manfaat, karena diet ini memberikan pasokan tinggi nutrisi, menjaga makanan rendah lemak jenuh, serta menurunkan berat badan. Pola makan ini berfokus pada sayur-sayuran dan beberapa bahan makanan yang baik dikonsumsi seperti beras utuh,protein tanpa lemak, polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Pola makan vegetarian, memungkinkan anda makan dengan sedikit kalori sehingga tidak akan membuat anda gemuk.  Walaupun demikian, ada beberapa makanan yang masuk dalam kategori diet vegetarian tapi berkontribusi dalam menaikkan berat badan, yaitu pasta, selai kacang, coklat, kentang goreng, dan sebagainya.

Diet Tanpa Nasi

Nasi merupakan makanan pokok bagi kita di Indonesia.  Namun, jika anda sedang mencoba menurunkan berat badan, ada baiknya anda mengurangi atau bahkan menghilangkan nasi dalam diet anda. Nasi mengandung karbohidrat kompleks, terutama nasi putih.  Karbohidrat ini berfungsi untuk menghasilkan energi dalam tubuh.  Diet sehat tanpa nasi ini dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat.

Anda dapat mengganti nasi dengan sumber karbohidrat yang lain, yaitu kentang, singkong, ubi jalar, apel serta pisang.  Anda dapat mengkombinasikan sumber karbohidrat tadi dengan sayuran dan protein tanpa lemak.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Anda ingin mencoba salah satu diet di atas? Boleh….. asalkan tetap iringi dengan rajin berolahraga.  Olahraga rutin dan adekuat, akan membantu tubuh tetap bugar dan akan membantu anda menurunkan berat badan secara signifikan.  Semoga bermanfaat 🙂