≡ Menu

Home » Tips Diet » Ingin Langsing? Pasang Cermin di Ruang…

Ingin Langsing? Pasang Cermin di Ruang Makan!

WSC

DietCepatAlami.com – Pernahkan kamu menikmati seporsi makanan sambil becermin? Bukannya narsis, ya, tapi bila kamu berencana diet untuk menurunkan berat badan, sebuah cermin yang dipasang di ruang makan ternyata bisa membantu kamu, lho! Penasaran, ‘kan?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Cornell University di Amerika Serikat, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat di depan cermin ternyata bisa membuat makanan itu menjadi tampak tak begitu enak. Hal ini bisa membuat kamu lebih sadar diri dengan pola makanmu.

Memandang Diri di Cermin Bisa Mempengaruhi Rasa Makananmu

Image credit: daily-sun.com

Image credit: daily-sun.com

Untuk memperoleh kesimpulan di atas, peneliti mengadakan tes rasa terhadap 185 mahasiswa Strata-1. Para mahasiswa diminta untuk memilih makanan, antara kue cokelat atau salad buah.

Seusai mengambil makanan pilihan mereka, setengah dari partisipan makan di dalam ruangan yang telah dipasangi cermin, sementara sisanya makan di ruangan tanpa cermin. Setelahnya, mereka diminta untuk memberi nilai terhadap rasa makanan yang mereka nikmati.

Di antara mahasiswa yang memilih kue cokelat, mereka yang makan di depan cermin merasakan nikmat yang lebih sedikit dibandingkan partisipan yang makan tanpa melihat diri sendiri di cermin. Sementara, partisipan yang mengkonsumsi salad tidak merasakan perbedaan nilai rasa antara yang dipasang cermin dan yang tidak.

Sebuah Cermin Membuat Kamu Bisa Menilai Diri Dengan Lebih Objektif

Image credit: wallpaperscraft.com

Image credit: wallpaperscraft.com

“Sekilas pandang di cermin mampu menggambarkan lebih dari sekadar penampilan fisik. Hal ini membuat mereka mampu melihat diri sendiri secara objektif dan membantu mereka menilai diri dan perilakunya dengan cara yang sama seperti ketika mereka tengah menilai orang lain,” ujar kepala peneliti, Ata Jami, dalam sebuah siaran pers.

Dengan kata lain, harus melihat diri sendiri memakan sesuatu yang kurang sehat dapat memicu rasa tidak nyaman akibat standar sosial yang yang tertanam di dalam pikiran kita—dalam kasus ini, gula memang kurang baik buat kesehatan kita.

Tapi, setelah mengadakan eksperimen terkait, Jami menemukan bahwa fenomena ini hanya berlaku terhadap konsumsi makanan yang dianggap kurang sehat. Sebab, sadar atau nggak, kamu bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut.

Jadi, Siap Untuk Memasang Cermin di Ruang Makan?

Imae credit: first.diet

Imae credit: first.diet

Para peneliti tersebut percaya bahwa adanya cermin bisa menjadi sebuah kunci yang membantu kamu lebih rasional dalam memilih makanan yang lebih sehat.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Jadi, kalau kamu mencari cara mudah untuk memotivasimu melakukan diet, pasanglah sebuah cermin di ruang makan atau di dapurmu. Ini benar-benar bisa membantu mengawasi apa yang kamu konsumsi setiap hari.