Ingin Langsing? Ini Alasan Anda Harus Mencoba Matcha!

Ingin Langsing? Ini Alasan Anda Harus Mencoba Matcha!DietCepatAlami.com – Anda mungkin terbiasa menikmati sedikit tambahan energi lewat kafein pada kopi atau teh di pagi hari. Tapi, siapkah untuk merasakan manfaat yang lebih banyak lagi? Mungkin ini saatnya untuk mencoba matcha untuk menggantikan teh dan kopi anda sebagai teman menikmati pagi.

Matcha merupakan bentuk bubuk dari daun teh hijau yang telah diuapkan dan dikeringkan. Bila kopi punya espresso, maka teh hijau punya matcha yang rasa dan khasiatnya lebih kuat. Tapi, seberapa sehat sih bubuk ini? Sebuah studi menemukan bahwa satu sajian matcha mengandung antioksidan polifenol yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) 10 kali lebih banyak dibandingkan teh hijau biasa! Dengan antioksidan sebanyak itu, tak heran kalo makanan yang satu ini dijuluki superfood. Lantas, apa saja manfaat matcha bagi tubuh anda?

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan sejumlah penelitian, EGCG mampu meningkatkan metabolisme dan menghambat pembentukan jaringan lemak baru. Di samping manfaatnya yang luar biasa, mengkonsumsi matcha sebagai ganti minuman manis lainnya dapat membantu memangkas asupan kalori anda sehari-hari. Makanya, mengganti minuman kegemaran anda ke minuman berbasis matcha mungkin adalah pilihan yagn bijaksana.

2. Membasmi Penyakit Lewat Kandungan Antioksidannya yang Tinggi

Konsentrasi antioksidan yang terkandung dalam matcha memang sulit diungguli makanan lainnya. Apalagi, kandungan catechin dalam teh hijau telah terbukti sanggup mencegah timbulnya sel kanker sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Kalau pekerjaan anda berisiko terjangkit penyakit (misalnya bekerja di rumah sakit) atau memiliki intensitas yang tinggi, matcha membantu anda terbebas dari penyakit seperti flu yang mengganggu.

3. Mendetoksifikasi Tubuh Sehari-Hari

Mengkonsumsi matcha juga dapat membantu menjaga tubuh anda untuk berfungsi secara optimal. Sebuah studi lab pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa konsumsi harian matcha menghasilkan efek yang melindungi sistem hati dan ginjal mereka. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko 33 persen lebih kecil terhadap diabetes tipe 2. Ini karena kandungan teh hijau yang mampu menurunkan kadar gula darah.

4. Meningkatkan Energi Tanpa Rasa Gelisah

Satu sajian matcha mengandung kafein yang lebih sedikit dibandingkan secangkir espresso. Tapi, matcha justru dapat memberikan tambahan energi. Daun teh yang digunakan untuk membuat matcha terlindung dari sinar matahari sebelum dipanen dan diuapkan, sehingga daunnya kaya dengan krolofil alami, sebuah zat yang dapat membantu meningkatkan energi. Ditambah lagi, teh hijau juga menjadi sumber asam amino L-theanine yang dapat membantu menenangkan pikiran. Ini berarti anda mendapatkan dorongan energi tanpa mengakibatkan gelisah akibat kafein yang tinggi.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Saat membeli matcha, pastikan anda membeli produk berkualitas tinggi agar manfaat kesehatannya optimal. Semakin hijau warna matcha, semakin kaya kandungan klorofil dan asam aminonya. Kini, anda siap menjadikan matcha sebagai minuman favorit sehari-hari?