≡ Menu

Home » Pola Makan Diet » Heran Kenapa Badanmu Mudah Sekali…

Heran Kenapa Badanmu Mudah Sekali Naik? Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya!

WSC

Heran Kenapa Badanmu Mudah Sekali Naik Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya!DietCepatAlami.com – Pernahkah kamu merasa terheran-heran dengan berat badanmu yang begitu mudah sekali naik? Padahal kalau diperhatikan, sebenarnya nafsu makanmu juga biasa-biasa saja. Tapi kalau makan banyak sedikit saja, berat badan bisa naik hingga 2-3 kg.

Tentu saja hal itu bukan perkara nasib yang menentukan kok. Ternyata, hal seperti itu memang banyak sekali penyebabnya yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Nah, kalau selama ini kamu masih bingung kenapa kamu gampang sekali gemuk, mungkin penyebabnya ada di antara ini!

1. Pola tidur yang tak beraturan

Pola tidur tak beraturan

Pola tidur tak beraturan via www.static.medme.pl

Pola tidur yang tak teratur secara tak langsung dapat mempengaruhi berat badanmu. Coba kamu koreksi dirimu, apakah kamu termasuk orang yang sering begadang? Atau kamu malah terlalu banyak tidur hingga melebih 8 jam sehari?

Baik kurang maupun kebanyakan jam istirahat akan mengacaukan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Pencernaan dan metabolisme yang tidak lancar dapat menggagalkan proses pembakaran lemak sehingga lemakmu hanya tertumpuk begitu saja di tempat-tempat penyimpanan lemak seperti perut, pinggang, dan paha.

Perbaiki pola tidurmu agar sistem-sistem yang bekerja pada tubuh tidak terganggu prosesnya. Semakin lancar metabolisme dan pencernaan seseorang, maka akan semakin sempurna pula pembakaran lemak dan kalorinya. Sehingga, tak lagi banyak lemak yang tertumpuk di badan.

2. Kamu gampang sekali stres

Mudah stress

Mudah stress via www.boro.gr

Apakah kamu termasuk orang yang mudah sekali merasa tertekan hingga mengalami stres? Segala sesuatu akan kamu pikirkan benar-benar sehingga membebanimu? Bisa jadi, badanmu mudah sekali mengembang karena sifatmu yang satu ini.

Memang terlihat tak ada hubungannya, namun kenyataannya adalah rasa stres dapat memicu produksi hormon kortisol pada tubuh. Hormon inilah yang dikenal dapat merangsang nafsu makan kita. Semakin kamu stress, maka semakin banyak produksi hormone ini dan nafsu makanmu pun tak akan terkendali.

Selain itu, obat-obatan anti-depresan memiliki efek menaikkan berat badan konsumernya, terlebih lagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Obat-obatan tersebut ternyata menyerap energi dan nutrisi pada tubuh kita sehingga kita jadi mudah sekali merasa lapar dan haus.

3. Hobi mengkonsumsi makanan yang terlalu manis

Suka minum-minuman manis

Suka minum-minuman manis via www.images.agoramedia.com

Nafsu makanmu memang tidak banyak tapi ternyata kamu suka sekali mengkonsumsi minuman dengan takaran gula yang cukup banyak. Atau kamu sehari bisa minum 2-3 minuman kemasan atau soft drink. Kalau benar seperti itu, tak heran kalau berat badanmu gampang sekali naik.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat memicu naiknya gula darah dalam tubuh, akibatnya kamu bisa terserang diabetes dan juga obesitas lho! Minuman soda termasuk minuman yang mengandung takaran gula sangat tinggi. Meminum 1 botol soda sama saja sedang menenggak 1 botol gula!

Terlalu banyak gula pada minuman sama saja kamu telah mengkonsumsi banyak kalori sehingga jika kadarnya berlebihan, akan di buang menjadi cadangan energi berupa lemak pada tubuh.

4. Tubuhmu kekurangan nutrisi penting

Tubuhmu kekurangan nutrisi

Tubuhmu kekurangan nutrisi via www.desistylefood.files.wordpress.com

Selama ini kamu memang sudah menjaga pola makan, tapi ternyata makanan yang kamu konsumsi tidak cukup memberi asupan nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh. Itu juga bisa menyebabkan tubuhmu menjadi cepat gemuk lho!

Kekurangan vitamin penting seperti vitamin D, protein, dan magnesium menyebabkan tubuhmu kekurangan energi. Lalu, kamu mencari tambahan energi dengan mengkonsumsi minuman-minuman instant yang manis-manis, dimana gula yang terkandung di dalamnya data menyebabkan obesitas.

Kekurangan energi dalam tubuh membuat tubuhmu lemas sehingga kamu enggan untuk berolahraga. Jika kamu malas berolahraga, akibatnya adalah lemak-lemak di tubuh jadi semakin menumpuk karena tidak dibakar dengan berolahraga.

5. Faktor Usia

Bertambahnya usia

Bertambahnya usia via www.static.imujer.com

Mungkin kamu heran ketika melihat teman-teman atau saudaramu yang pada saat masih muda badannya langsing dan kurus, namun saat usianya sudah bertambah tua tiba-tiba badannya jadi menggemuk. Ya, ternyata usia juga mempengaruhi berat badan!

Semakin tua usia kita, maka sistem metabolisme dan pencernaan kita pun akan semakin melambat performanya. Terlebih ketika usia kita mencapai 40 – 50 tahun, tubuh kita tak akan bisa membakar kalori sebanyak pada saat usia kita masih 20 tahun.

Solusinya adalah dengan mengurangi porsi makan dan tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga agar sistem metabolisme pada tubuh tetap berjalan lancar. Apabila sistem metabolisme lancar, maka pembakaran lemak pun akan terus berjalan.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, itulah tadi hal-hal yang sebenarnya menyebabkan berat badanmu bisa naik dengan begitu mudah. Jika kamu mengalami salah satu diantaranya, maka tak usah heran lagi. Segera lakukan tindakan nyata agar berat badanmu tetap ideal!