Hati-Hati, 7 Makanan ini Membuat Anda Tampak Lebih Tua!

“You are what you eat.”

DietCepatAlami.com – Sering mendengar kutipan di atas, bukan? Ya, apa yang tampak pada diri Anda adalah cerminan dari makanan yang Anda konsumsi serta pola det yang Anda adopsi. Tak sekadar bentuk tubuh, makanan juga mempengaruhi mood bahkan kulit Anda.

Pola diet kurang baik yang terus-menerus ternyata bisa mempercepat proses penuaan pada kulit Anda, lho. Makanya, kurangi konsumsi makanan berikut bila Anda ingin tetap awet muda!

1. Gula-Gula

Image credit: telegraph.co.uk

Image credit: telegraph.co.uk

Kelebihan gula dalam tubuh dapat mendorong proses yang disebut glikasi. Bila Anda mengkonsumsi gula lebih banyak dari yang bisa diproses oleh sel tubuh, molekul gula yang tersisa akan bergabung dengan protein dan membentuk produk glikasi. Nah, produk dlikasi ini bisa merusak kolagen pada kulit Anda.

Selain itu, kita juga tahu bila makan gula terlalu banyak bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri yang merusak gigi. Makanya, langsung berkumur dengan air begitu Anda mengkonsumsi makanan yang manis.

(Baca juga: Kenali 7 Gejala Kamu Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula)

2. Alkohol

Image credit: webmd.com

Image credit: webmd.com

Alkohol mempengaruhi kerja hati. Padahal, hati yang sehat membuat kulit Anda juga terlihat sehat. Ketika hati Anda bekerja optimal, ia dapat menyingkirkan racun yang bisa mempengaruhi kulit. Jika toksin menumpuk di hati, hal ini bisa menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat, pucat, dan keriput.

Alkohol juga menimbulkan dehidrasi dan kurang baik bagi fase tidur Anda. Jadinya, bisa ditebak jika hal ini dapat mempercepat penuaan pada kulit.

3. Daging Bakar

Image credit: takepart.com

Image credit: takepart.com

Hati-hati buat Anda yang suka membakar daging sampai hangus. Sebab, ia mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang bisa menimbulkan masalah pada kulit. Ini karena inflamasi dapat memecah kolagen pada kulit Anda.

Bukan berarti Anda harus menghindari barbekyu, lho. Hanya saja, singkirkan bagian gosongnya dan jangan lupa membersihkan panggangannya agar tak mencemari hidanganmu.

4. Garam

Image credit: inquisitiveeater.com

Image credit: inquisitiveeater.com

Meski Anda tidak menggunakan garam saat memasak, bukan berarti asupan garam Anda rendah, lho. Nyatanya, sebagian besar makanan kemasan mengandung garam yang cukup tinggi. Garam dapat menyebabkan retensi cairan yang membuat kulit Anda tampak “bengkak”.

(Baca juga: 7 Tips Diet Saat PMS)

5. Daging Olahan

Image credit: naturalwellness.com

Image credit: naturalwellness.com

Daging olahan bisa dengan mudah Anda temukan dalam bentuk bakso, sosis, atau nugget. Meski nikmat disantap, daging olahan mengandung bahan pengawet yang dapat memicu inflamasi di kulit dan mempercepat gejala penuaan.

Di samping itu, daging olahan juga umumnya tinggi kadar garamnya. Makanya, lebih baik ganti daging olahan yang biasa Anda santap dengan daging utuh seperti ayam.

6. Daging Merah

Image credit: thedailybeast.com

Image credit: thedailybeast.com

Daging merah yang kaya lemak dapat memicu radikal bebas. Radikal bebas bergerak mencari elektron yang hilang dan merebut elektron dari sel yang sehat sekaligus merusaknya. Kerusakan ini dapat mempengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi diri dan menghasilkan kolagen.

Konsumsi daging merah sesekali tak apa, tapi jangan menjadikannya kebiasaan harian Anda. Lebih baik, pilih daging yang mengandung lebih sedikit lemak seperti ayam atau kalkun. Selain itu, jangan lalai untuk meningkatkan asupan antioksidan Anda!

7. Kafein

Image credit: medicalnewstoday.com

Image credit: medicalnewstoday.com

Kafein bersifat diuretik, yaitu zat yang menyebabkan Anda mengeluarkan cairan, sehingga kelembaban pada tubuh Anda berkurang. Hal ini termasuk kulit Anda, sebab dehidrasi pada tubuh juga terjadi pada kulit, dan membuat kulit menjadi kusam dan tampak menua.

Kabar baiknya, Anda bisa memanfaatkan pelembab kulit untuk mengatasi kekeringan pada kulit yang disebabkan oleh kafein. Meski demikian, sebaiknya konsumsi kafein secukupnya saja; terutama kopi, karena ia juga bisa menimbulkan noda kuning pada gigi.

(Baca juga: Saat Sedang Diet, Hindari Makanan dan Minuman Ini di Malam Hari!)

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Yuk, kurangi konsumsi makanan-makanan di atas dan nikmati kulit yang tampak muda lebih lama!