Diet Telur: Memangkas 7 Kg Dalam Seminggu

DietCepatAlami.com – Anda penggemar telur? Ya, telur merupakan salah satu makanan favorit semua orang. Tak sekadar murah, telur juga kaya gizi. Makanya, tidaklah berlebihan bila telur dijuluki sebagai salah satu superfood.

Ternyata, telur juga berfungsi sebagai makanan diet, lho. Sebuah diet fad yang dikenal dengan sebutan diet telur menjadikan si lonjong sebagai asupan pokoknya. Bahkan, diet telur diklaim bisa memangkas bobot tubuh Anda hingga tujuh kilogram dalam waktu seminggu!

Lantas, seperti apa sih diet telur itu?

Efek Telur Terhadap Tingkat Kolesterol

Banyak yang menganggap bahwa telur adalah penyebab naiknya kadar kolesterol dalam darah. Tapi, program diet telur ini mementahkan mitos tersebut. Hal ini juga terbukti dalam sebuah penelitian.

Pada penelitian tersebut, sebuah grup yang terdiri dari 100 orang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk mengkonsumsi satu butir telur per minggu, sementara kelompok lainnya mengkonsumsi lebih dari satu butir telur dalam sehari.

Setelah satu bulan, kedua kelompok tersebut kembali diamati kadar kolesterolnya. Hasilnya, tidak ada kenaikan atau penurunan yang signifikan dari keduanya. Maka, dapat disimpulkan bahwa telur itu tidak berpengaruh terhadap tingkat kolesterol Anda.

(Baca juga: Begini Cara Diet Rendah Kolesterol Jika Anda Gemuk!)

Image credit: authoritynutrition.com

Image credit: authoritynutrition.com

Kandungan Nutrisi dalam Telur

Telur merupakan salah satu makanan paling bernutrisi di muka bumi. Selain kaya protein, makanan ini juga mengandung vitamin, zat bezi, folat, asam lemak omega-3, serta sejumlah mineral. Terlebih lagi, tiap butirnya hanya mengandung 60-70 kalori saja!

Kandungan nutrisi pada telur memang sukar tertandingi oleh makanan lainnya. Si lonjong ini mampu memberikan dampak positif bagi tubuh Anda tanpa membuat Anda gemuk. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi, satu atau dua butir telur untuk sarapan mampu menjaga nafsu makan Anda seharian.

(Baca juga: 6 Trik Menghalau Rasa Lapar Untuk Menurunkan Berat Badan)

Diet Telur yang Sehat

Diet telur bukan berarti cuma makan telur saja, lho. Anda bisa menggabungkannya dengan sayur-sayuran hijau dan buah jeruk untuk memperoleh asupan karbohidrat dan serat. Buah dan sayur dapat mendukung metabolisme protein dalam tubuh Anda.

Selain menjaga nafsu makan Anda, buah dan sayur memberikan tambahan nutrisi yang penting. Tapi, pastikan buah dan sayur yang dikonsumsi tidak mengandung banyak pati.

(Baca juga: 6 Tanda Dietmu Terlalu Ketat dan Tidak Sehat)

Image credit: millionmoments.net

Image credit: millionmoments.net

Contoh Pola Diet Telur

Diet telur yang rendah karbohidrat mampu memangkas kelebihan berat badan Anda. Pastikan Anda mengikuti pola diet ini sampai mendapatkan berat badan yang diharapkan. Karena diet ini tinggi protein, jangan lupa untuk meminum cukup air putih untuk menghindari konstipasi.

Diet telur membolehkan Anda untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dengan indeks glikemik rendah. Sementara, makanan yang indeks glikemiknya tinggi seperti nasi putih, pasta, dan roti harus benar-benar dihindari.

Begini salah satu contoh hidangan untuk diet telur:

  • Sarapan: Konsumsi dua butir telur rebus dan setengah buah grapefruit, sayuran rendah kalori, serta daging tanpa lemak.
  • Makan siang: Nikmati salad sayuran hijau dengan ayam panggang tanpa kulit atau ikan.
  • Makan malam: Siapkan omelet dengan dua buah tomat dan bayam.

Tentunya, hidangan di atas hanyalah contoh. Cari tahu lebih lanjut tentang menu diet telur sebelum Anda merencanakan hidangan Anda.

(Baca juga: Turun 8 Kg Dalam 13 Hari Lewat Diet Mayo)

Manfaat Diet Telur

Diet telur sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Inilah sejumlah manfaat dari diet telur:

  • Anda tidak perlu memaksakan diri mengkonsumsi makan yang tak berasa karena telur mengantarkan rasa lezat ke lidah Anda.
  • Persiapan yang diperlukan untuk hidangan tidaklah rumit. Telur hanya perlu direbus dalam waktu yang cukup singkat.
  • Diet telur menyediakan beragam resep lezat yang mudah dibuat.
  • Nutrisi pada telur membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bercahaya.
  • Selain bikin Anda tidak mudah lapar, diet tinggi protein juga memicu pembakaran lemak dalam tubuh.

(Baca juga: Tubuh Langsing Dengan Sarapan Kaya Protein)

Image credit: womanyes.com

Image credit: womanyes.com

Kekurangan Diet Telur

Diet telur bukannya sempurna—ia tentu ada kekurangannya:

  • Sebagai diet fad, diet telur tidak bisa dianggap sebagai program diet sehat. Terlebih, banyak makanan kaya nutrisi yang tidak diperbolehkan dalam diet ini.
  • Program ini merupakan diet tinggi protein dan rendah karbo, sehingga di awal Anda mungkin kesulitan mengikutinya. Anda juga bisa mengalami pusing dan mual di awal program.
  • Meski menyukai telur, Anda lama-lama akan bosan dan muak bila terus-terusan mengkonsumsinya.
  • Pola diet ini tidak memberi Anda energi yang cukup untuk melakukan latihan fisik.
  • Anda juga mungkin bisa mengalami napas kurang sedap, konstipasi, dan kembung akibat makan telur melebihi normal.
  • Sebagai diet fad, diet telur mungkin hanya menyediakan manfaat jangka pendek dalam menurunkan berat badan. Untuk mempertahankan berat badan ideal, Anda harus mengadopsi pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

(Baca juga: 6 Kebiasaan Baik yang Harus Dipertahankan untuk Berat Badan Ideal)

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, setelah mengetahui program, manfaat, serta kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk menjajal diet ini?