≡ Menu

Home » Pola Makan Diet » Diet Rendah Purin, Solusi Asam Urat…

Diet Rendah Purin, Solusi Asam Urat Penyebab Radang Sendi

WSC

Diet Rendah Purin, Mengatasi Asam Urat Penyebab Radang SendiDietCepatAlami.com – Purin merupakan suatu senyawa yang mengandung nitrogen. Purin ini bisa berasal dari dalam tubuh dan dari luar tubuh.  Yang paling berperan dalam proses peningkatan asam urat dalam tubuh adalah sumber purin dari luar tubuh.  Asam urat sendiri merupakan hasil akhir metabolisme purin.  Sehingga semakin banyak anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi, maka semakin tinggi pula kadar asam urat dalam tubuh anda.

Makanan sumber purin yang berasal dari luar tubuh sangatlah beragam.  Mengkonsumsi semua jenis makanan tersebut dalam porsi yang wajar, tidaklah bermasalah.  Hanya saja, kebiasaan diet kita yang kurang proporsional menyebabkan tubuh kelebihan suatu zat gizi dan kekurangan zat gizi yang lain.  Diet vegetarian misalnya.  Diet ini mengandalkan kacang-kacangan sebagai sumber protein utama.  Sebenarnya diet vegetarian ini tidaklah salah. Jika anda seorang vegetarian, aturlah proporsi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar tetap seimbang.

Makanan apa saja yang merupakan sumber senyawa purin?

Kadar purin yang tinggi didapatkan pada ikan teri, jerohan, daging angsa, telur ikan, sarden, alkohol, dan ragi.  Kadar purin yang sedang didapatkan pada ikan tongkol, ikan bawal, ikan bandeng, daging sapi,daging ayam, kerang, kacang-kacangan, bayam, buncis, kacang kapri, tahu tempe.  Makanan ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan dalam sehari.

Asam urat dikatakan tinggi (hiperurikemia) apabila melebihi 7 mg/dL dalam darah.  Hiperurikemia dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan peradangan pada sendi dan batu ginjal.  Gejala awal peningkatan asam urat dalam tubuh, tidaklah bermakna.  Seseorang biasanya memeriksakan diri ke dokter jika merasakan nyeri pada sendi kaki yang disertai pembengkakan sendi.  Adakalanya seseorang akan mengeluh pinggang yang terasa nyeri, yang biasanya merupakan gejala awal batu ginjal.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Menjaga pola makan sehat seimbang, menjaga berat badan ideal, menghindari alkohol, mengkonsumsi makanan rendah purin dan rutin berolahraga, dapat membantu anda terhindar dari hiperurikemia.  Semoga bermanfaat!