≡ Menu

Home » Pola Makan Diet » Diet Rendah Karbohidrat dan Bahayanya

Diet Rendah Karbohidrat dan Bahayanya

WSC

Diet Rendah Karbohidrat dan BahayanyaDietCepatAlami.com – Kebanyakan orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan mereka dengan cepat sering menggunakan model diet tinggi protein atau diet rendah karbohidrat. Binaragawan pun sering memakai metode ini untuk mengurangi lemak pada tubuh mereka. Padahal sejumlah bahaya bisa muncul dengan model diet rendah karbohidrat. Apakah metode seperti ini harus selalu kita gunakan dalam program diet kita? Kapan seharusnya anda mulai waspada?

Seperti diketahui bahwa karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh selain lemak dan protein. Itu sebabnya tubuh cenderung memilih karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi. Sisa karbohidrat yang tidak terpakai akan tersimpan menjadi lemak, membuat beberapa orang beranggapan bahwa pola makan yang telah diatur sedemikian rupa menjadi diet tinggi protein dan rendah lemak, sehingga lemak dapat dibakar dengan olahraga secara rutin dan energi dapat tercukupi melalui asupan protein yang tinggi.

Ada 4 fungsi penting yang dimiliki oleh karbohidrat terkait dengan metabolisme tubuh, berikut ini diantaranya:

  • Membantu pembakaran lemak
  • Sumber energi utama
  • Sebagai bahan bakar bagi sistem syaraf pusat.
  • Kecukupan asupan karbohidrat menjadi pendukung bagi protein dalam mempertahankan sel protein.

Menambah asupan protein dan mengurangi karbohidrat dengan harapan untuk menurunkan berat badan dan membakar kelebihan lemak. Akan tetapi, bila hal tersebut dilakukan secara terus-terusan saat masa katabolik, dimana protein diubah menjadi glukosa dan energi, kebutuhan protein akan diambil dari otot sehingga masa otot menjadi berkurang. Sementara ketika protein diubah menjadi glukosa tersebut akan menghasilkan sisa berupa nitrogen dan dibuang melalui keringat dan urine, dampaknya bisa membebani ginjal. Meskipun dengan banyak minum air putih agar proses ginjal lebih lancar, tetap saja menjadi beban apalagi diet dengan model seperti ini dilanjutkan karena buangan sisa tepat melalui ginjal.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Periksa kondisi ginjal anda, inilah yang harus anda perhatikan. Bila terdapat kelainan, entah karena faktor genetik ataupun sebuah penyakit, hindari pola diet seperti ini. Bagi anda yang terlalu gemuk dan menginginkan hasil secepat mungkin. Metode ini boleh dipakai dengan catatan tidak lebih dari 1 bulan, dan ginjal anda kondisinya sehat.