Diet Golongan Darah, Fakta atau Mitos?

Diet Golongan Darah, Fakta atau Mitos?Pernah mendengar tentang diet golongan darah? Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum memahami seperti apa sebenarnya diet golongan darah itu. Apakah benar diet dengan cara ini mampu menurunkan berat badan? Simak uraian berikut ini.

Pada tahun 1996, seorang naturopatis dari Amerika Serikat, Dr. Peter J. D’Adamo, memperkenalkan cara diet berdasarkan golongan darah ABO setelah melakukan penelitian dengan melihat reaksi dari setiap golongan darah terhadap asupan makanan tertentu.

D’Adamo mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul “Eat Right for Your Type”, setiap individu akan memberikan reaksi yang berbeda terhadap zat lektin, yaitu zat yang terdapat pada makanan nabati maupun hewan. Beliau juga mengatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darah maka akan mengoptimalkan pencernaan. Sebaliknya, makan makanan yang tidak sesuai dengan tipe golongan darah akan menimbulkan masalah kesehatan, misalnya masalah berat badan dan berbagai penyakit lain.

Menurut D’Adamo, perbedaan golongan darah setiap orang ada kaitannya dengan habitat dan kebiasaan hidup nenek moyang terdahulu. Beliau meyakini, keturunan orang-orang yang hidup dengan cara bertani kebanyakan memiliki golongan darah A, sehingga mikroba dalam usus merekapun telah teradaptasi untuk makan makanan nabati. Sedangkan mereka yang hidup dengan cara beternak memiliki golongan darah B. Mereka lebih cocok makan makanan hewani.

Orang yang bergolongan darah AB memiliki kemampuan untuk mengonsumsi makanan nabati maupun hewani sebab mereka hidup dengan dua cara, yakni bercocok tanam dan beternak. Sementara mereka yang asal usulnya merupakan keturunan pemburu memiliki golongan darah O, mereka cocok jika makan daging, roti dan produk-produk dari gluten lainnya.

Nah, yang menjadi permasalahan, apakah teori diet D’Adamo ini fakta yang harus dipercaya atau hanya fiktif belaka?

Teori D’Adamo tentang mikroba usus ini ternyata dapat diyakini kebenarannya. Peneliti dari Finnish Red Cross Blood Service setahun yang lalu telah menemukan fakta bahwa tipe golongan darah tertentu dapat mengatur jumlah dan keberagaman mikroba yang hidup di usus.

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Hingga saat ini, penelitian mengenai diet golongan darah masih terus dilakukan. Ada ilmuan yang telah membenarkan bahwa diet ini bermanfaat bagi kesehatan. Adapula yang masih melakukan studi untuk memastikan kebenarannya. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda mencoba diet ini di rumah.