Cara yang Lebih Cerdas untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara yang Lebih Cerdas untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

 

Cara yang Lebih Cerdas untuk Menurunkan Berat Badan dengan CepatDietCepatAlami.com – Ketika berusaha menurunkan berat badan, memang tak ada hal yang lebih memotivasi Anda selain melihat hasilnya dengan segera. Sejumlah strategi diet yang menjanjikan untuk menurunkan berat badan dengan cepat pun dilakukan, mulai dari puasa jus, melewatkan makan, sampai memangkas kalori secara drastis.

Strategi diet di atas memang menunjukkan hasil yang cepat. itulah sebabnya cara-cara diet ini menjadi populer. Tapi, dibalik hasilnya yang instan, strategi ini tidaklah bertahan untuk jangka waktu yang lama. Berat badan Anda yang hilang akan segera kembali setelah pola makan Anda kembali normal.

Alih-alih melakukan diet berikut dengan cara yang biasa, Anda bisa melakukan cara yang lebih cerdas untuk mendapatkan hasil yang cepat dan dapat berkelanjutan untuk jangka waktu yang lama.

1. Puasa Jus

Alih-alih melakukan puasa jus dengan cara umum yang membuat Anda bisa mengalami kekurangan nutrient tertentu, Anda cukup mengkonsumsi jus buah dan sayur untuk mengganti salah satu jadwal makan Anda, misalnya makan malam.

Atau, Anda bisa melupakan jus dan melakukan “pesta” buah dan sayuran sebagai gantinya. Atur agar sebagian besar makanan dan cemilan Anda terdiri dari sayuran dan buah utuh dengan sedikit protein dan whole grain sebagai pelengkap.

2. Melewatkan Makan

Daripada melakukan diet dengan melewatkan makan yang membuat Anda kelaparan, lakukan hal yang sebaliknya. Makanlah lebih sering dengan porsi kecil. Satu wadah kecil yogurt, segenggam kacang, atau setengah roti lapis. Pilih makanan yang kecil, cepat, atau portabel yang mengandung protein dan karbohidrat untuk menstabilkan kadar gula darah dan menghalau lapar.

Anda juga bisa melewatkan cemilan alih-alih makan dan berfokus pada porsi makan yang lebih kecil tapi padat nutrisi.

3. Pembatasan Kalori yang Drastis

Memangkas kalori secara drastis justru dapat membuat metabolisme Anda melambat dan menghalangi Anda untuk menurunkan berat badan pada jangka panjang. Lebih baik makanlah lima sampai enam porsi makan kecil, masing-masing 250-300 kalori untuk mendorong metabolisme dan menurunkan berat badan lebih cepat.

4. Menggandakan Porsi Olahraga

Olahraga tentunya baik bagi kesehatan, tapi menggandakan porsinya tidaklah terlalu efektif. Sebagai gantinya, cukup lakukan olahraga sedikit lebih banyak dan makan yang sedikit dikurangi. Ini akan membantu Anda fokus pada diet yang lebih sehat dan mengurangi cidera akibat terlalu banyak berolah raga. Jika Anda memang ingin menaikkan porsi latihan Anda, tingkatkan saja intensitasnya, bukan durasinya.

5. Menghindari Kelompok Makanan Tertentu

Kecuali karena alasan pribadi maupun kesehatan, misalnya menjadi vegetarian atau punya intoleransi terhadap zat tertentu, Anda sebaiknya tidak menghindari kelompok makanan tertentu, seperti karbohidrat dan lemak, agar tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Satu-satunya kelompok makanan yang mesti Anda hindari adalah junk food, yaitu makanan yang tinggi kalori tapi tidak memiliki manfaat kesehatan seperti permen, minuman soda dan makanan yang diolah dengan deep fry.

6. Diet Detoks

Jika Anda ingin membersihkan usus Anda untuk prosedur medis, lakukan seperti yang disarankan oleh dokter. Tapi, bila Anda ingin meningkatkan kemampuan detoksifikasi  pada sistem organ tubuh untuk menjaga berat badan ideal, makanlah berbagai jenis makanan sehat yang beragam.

Pada dasarnya tubuh Anda memiliki kemampuan untuk melakukan detoks melalui proses pencernaan. Itulah gunanya hati, usus, ginjal, dan orang lainnya. Daripada melakukan diet detoks, kurangi mengkonsumsi makanan olahan dan perbanyak makan makanan utuh.

Jangan termakan mentah-mentah dengan diet yang menjanjikan hasil yang cepat, karena ada cara yang lebih cerdas dan bijak untuk menjaga berat badan ideal Anda. Selamat mencoba!