Cara Seru Mengetahui Diet Anda Sukses Tanpa Timbangan Badan

Cara Seru Mengetahui Diet Anda Sukses Tanpa Timbangan BadanDietCepatAlami.com – Hari-hari anda pastinya terasa lebih membahagiakan saat mengetahui bahwa program diet anda sukses. Tapi, timbangan badan tidaklah selalu akurat untuk mengukur sukses tidaknya program diet  anda, apalagi jika diet dibarengi dengan nge-gym dan olahraga. Sebab, angka pada timbangan anda tidak mencerminkan tingkat kesehatan dan kebugaran dari pola hidup anda.

Ada sejumlah cara yang lebih baik dan seru untuk melacak kemajuan anda dalam menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan serta memiliki pola hidup yang lebih sehat. Inilah beberapa di antaranya.

1. Dengarkan Tubuh Anda

Berlatihlah untuk lebih peka terhadap diri anda, sebab jika bersedia memperhatikan, tubuh anda akan memberikan informasi lebih banyak dari sekedar skala timbangan. Meski tak menatap timbangan, coba rasakan apakah anda merasa lebih baik, energi anda meningkat, kulit anda terasa cerah,buang air anda rutin, dan nafsu makan anda berkurang.

2. Melampaui rekor personal anda

Jika anda ingin berfokus pada angka, berfokuslah pada sesuatu yang bisa anda kontrol dan memotivasi secara positif. Salah satunya dengan melampaui rekor personal anda. Ini bisa berarti tambahan beban atau repetisi ekstra saat anda latihan beban di gym, push up lebih banyak,atau berlari lebih jauh. Meski sama-sama kuantitatif, ini lebih baik daripada terus-terusan memandang timbangan, bukan?

3. Selesaikan Pekerjaan Anda Sehari-hari

Cara paling sederhana untuk mengetahui seberapa kemajuan diet dan kebugaran anda adalah dengan memperhatikan apa yang anda rasakan ketika melakukan pekerjaan sehari-hari. Baik itu membawa cucian naik turun tangga, memandikan anak-anak, atau bersih-bersih. Tugas-tugas ini akan terasa lebih mudah ketika anda lebih kuat.

4. Meritsleting Jins Anda

Ini adalah salah satu metode paling mudah dan sederhana untuk mengetahui kondisi tubuh anda. Kenakan jins favorit anda setiap minggu dan naikkan ritsletingnya sampai atas. Lalu, perhatikan apa yang terjadi: longgar (hebat!),  pas seperti biasanya (bagus!), terasa ketat (waspada!), atau tidak muat (gawat!).

TImbangan anda akan selalu berfluktuasi, tapi jika celana jins anda mulai terasa ketat, itulah saatnya mengubah pola makan dan melakukan olahraga.

5. Pola Tidur yang Sehat

Memiliki pola tidur yang sehat berarti memiliki pola hidup yang sehat pula. Dengan jam tidur yang tidak kurang dan tidak berlebihan, anda sekaligus bisa mengikis kebiasaan yang kurang sehat, misalnya ngemil di tengah malam yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya berat badan anda. Sementara, tidur berlebihan juga menyumbang efek buruk bagi tubuh anda, misalnya lemas dan kurang berenergi.

6. Merekam Progres Lewat Selfie

Mengambil foto diri sendiri juga menjadi cara yang efektif untuk mengukur keberhasilan program diet dan kebugaran anda. Timbangan tidak memberi tahu anda mana yang berat cairan, mana yang lemak, dan mana yang otot. Timbangan juga tidak peduli pada masa PMS di mana nafsu makan anda meningkat.

Foto selfie menjadi alat untuk melihat perubahan pada tubuh anda sejak hari pertama sampai berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelahnya. Dari situlah anda bisa merasakan apakah diet anda sukses atau tidak.

7. Merasakan Hidup Seimbang

Terkadang, indikator terpenting sukses tidaknya program diet dan kebugaran adalah ketika anda merasakan hidup yang seimbang. Jika anda diet sampai kelaparan, olahraga berlebihan, memilih makanan yang kurang sehat, dan terus-terusan menatap skala berat anda di timbangan, itu tidaklah sehat.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Tidak semua program diet cocok bagi anda. Yang cocok adalah yang membuat anda merasa nyaman, menikmati hidup, serta sukses menurunkan berat dan membuat anda lebih sehat. Itulah hal yang terpenting.