Cara Sehat dan Efisien Membakar Timbunan Lemak

Cara Sehat dan Efisien Membakar Timbunan Lemak

Cara Sehat dan Efisien Membakar Timbunan LemakDietCepatAlami.com – Banyak atikel di internet yang memberikan penjelasan mengenai tips dan cara membakar lemak. Mulai dari olahraga sit up, menggunakan pil ajaib, hingga sedot lemak. Padahal ada hal yang lebih penting untuk Anda ketahui sehubungan dengan pembakaran lemak, sebelum melakukan hal-hal tersebut. Karena tanpa memahami bagaimana proses pembakaran lemak terjadi, cara apapun yang Anda lakukan bisa sia-sia.

Di dalam ilmu kedokteran, dikenal 2 jenis lemak, yakni lemak putih dan lemak cokelat. Jaringan lemak putih berfungsi menyimpan lemak dalam selnya sebagai cadangan energi di masa depan. Banyak ditemukan di bawah kulit dan di bagian perut. Lemak jenis ini juga merupakan komponen penyusun hormon estrogen. Lemak cokelat adalah jenis lemak yang terdapat pada jaringan bawah kulit bayi yang baru lahir. Lemak ini berfungsi menghangatkan tubuh bayi. Jumlah jaringan lemak cokelat akan berkurang seiring pertumbuhan manusia dan hanya tertinggal sedikit pada orang dewasa. Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Garvan Institute of Medical Research di Australia, lemak cokelat lebih banyak dimiliki oleh mereka yang bertubuh langsing. Diungkapkan juga bahwa jika lemak putih sebanyak 50 gr dapat menyimpan 300 kkal energi, maka 50 gr lemak cokelat dapat membakar 300 kkal setiap hari.

Lemak banyak ditemukan di bawah permukaan kulit. Pada wanita, lemak cenderung tersimpan di lengan, pinggang dan paha sehingga membuat bentuk tubuh mereka seperti buah pir. Sedangkan lemak pada pria cenderung disimpan pada bagian bahu, dada dan perut. Lemak pada bagian perut atau biasa juga disebut sebagai lemak viceral, diketahui lebih membahayakan kesehatan dibanding lemak di bagian tubuh lainnya. Lemak viceral menghasilkan sejumlah protein yang dapat menyebabkan kelainan metabolik dan peradangan, sehingga dapat menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, demensia, dan masih banyak resiko penyakit berbahaya lainnya.

Bagaimana cara menyingkirkan lemak?

Setelah mengetahui berbagai jenis lemak dan bahaya tersebut, tentu satu cara saja tidak bisa digunakan untuk menyingkirkan lemak. Diet seimbang dengan cara mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh dan rutin berolahraga merupakan cara terbaik untuk mengurangi timbunan lemak pada tubuh. Latihan fisik setiap hari akan memecah sel-sel lemak menjadi energi, sehingga tubuh tidak akan menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak. Kombinasi aerobik dan latihan beban merupakan latihan paling efektif untuk melangsingkan tubuh. Latihan fisik memicu produksi hormon irisin pada otot yang diketahui dapat mengubah lemak putih menjadi lemak cokelat.

Selain itu, hal yang paling dianjurkan adalah mengurangi konsumsi makanan manis dan yang berindeks glikemik tinggi. Kelebihan kadar gula pada darah akan memicu produksi hormon insulin, sedangkan pada saat gula darah menurun akan memicu pelepasan hormon kortisol. Kedua hormon tersebut, kortisol dan insulin, dapat menyebabkan penimbunan energi berupa lemak.

Katekin merupakan jenis flavonoid atau antioksidan yang terbukti sangat ampuh membantu proses pembakaran lemak. Katekin dapat ditemukan pada buah apel, berry, cokelat dan juga pada teh hijau.

Jadi, jika Anda ingin mengurangi lemak pada bagian tertentu, maka maksimalkan pembakaran lemak di tubuh Anda dengan cara diet seimbang, rutin berolah raga, hindari stres, dan tidur dengan nyaman.