8 Cara Mudah Memangkas Konsumsi Gula Sehari-Hari

8 Cara Mudah Memangkas Konsumsi Gula Sehari-Hari

DietCepatAlami.com – Meski Anda tidak makan cemilan manis atau minuman bersoda, bukan berarti asupan gula Anda sedikit, lho. Kandungan gula tambahan juga terdapat pada makanan yang menurut kita tidak manis, seperti roti, bumbu, dan saus.

Ujung-ujungnya, kita bisa mengkonsumsi gula lebih banyak dari yang dianjurkan. Padahal, pola diet tinggi gula bisa memicu berbagai penyakit, seperti lubang gigi, penyakit jantung, serta diabetes. Bukan itu saja, berat badan Anda juga terancam.

Terus, bagaimana cara mudah memangkas konsumsi gula sehari-hari? Berikut ini adalah tips yang dibagikan oleh para ahli.

1. Baca Label Informasi Gizi

Image credit; diabetes.ie

Image credit: diabetes.ie

Jangan malas membaca label informasi nilai gizi yang terdapat pada kemasan makanan. Anda akan menyadari betapa sering gula ditambahkan ke dalam makanan Anda, bahkan pada makanan yang Anda kira tidak manis.

Daftar bahan makanan yang dikandung biasanya dilis dari urutan terbanyak. Bila gula berada di deretan atas, itu berarti lampu merah untuk Anda.

2. Kenali Nama Lain dari Gula

Image credit: thedenizen.co.nz

Image credit: thedenizen.co.nz

Pada label informasi gizi, gula punya beragam nama, antara lain fruktosa, sukrosa, corn syrup/gula jagung, brown sugar, dekstrosa, glukosa, madu, maltosa, molasses, sorbitol, sirup, dan lain-lain. Beberapa makanan juga menggunakan lebih dari satu jenis gula, makanya Anda harus jeli sebelum memilih makanan.

3. Pilih yang Tidak Mengandung Gula Tambahan

Image credit: fitnessinanevolutionarydirection.com

Image credit: fitnessinanevolutionarydirection.com

Setelah mengetahui di mana biasanya gula tambahan bersembunyi, saatnya Anda beralih ke pilihan yang lebih sehat. Ganti makanan dalam kemasan yang biasa Anda konsumsi dengan varian yang tidak mengandung gula tambahan. Meski tidak dilabeli “tanpa gula tambahan”, produk-produk ini bisa Anda pastikan lewat label informasi gizinya.

4. Kurangi Gula Sedikit Demi Sedikit

Image credit: solidcoffeeroasters.com

Image credit: solidcoffeeroasters.com

Anda mungkin sudah memahami bahwa gula bisa menyebabkan kecanduan. Tapi, langsung memangkas asupannya sama sekali juga bukanlah langkah yang realistis. Lebih baik, kurangi asupan gula Anda sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh, bila Anda terbiasa memasukkan dua sendok makan gula ke dalam kopi Anda, coba kurangi menjadi satu sendok selama seminggu. Minggu berikutnya, kurangi lagi menjadi setengah, sampai Anda cukup dengan sedikit tambahan susu di dalam kopi Anda.

5. Perbanyak Asupan Protein dan Lemak Sehat

Ikan mengandung banyak protein

Image credit: restu.cz

Asupan gula berlebih menyebabkan kadar gula darah yang naik turun secara drastis, membuat rasa lapar lebih gampang datang kembali. Untuk menghindarinya, isi piring Anda dengan lebih banyak protein, lemak sehat, dan serat. Selain memperlambat pelepasan gula darah, makanan ini juga membuat Anda kenyang lebih lama.

6. Pemanis Buatan Bukan Solusi

Image credit: doctoroz.com

Image credit: doctoroz.com

Ketika berusaha memangkas konsumsi gula, Anda mungkin tergoda untuk memanfaatkan pemanis buatan. Tapi, sebenarnya hal ini bukanlah solusi yang tepat, sebab pemanis buatan bisa mengacaukan indera perasa Anda.

Ketika Anda mengkonsumsi sesuatu yang manis, tubuh Anda mengharapkan kalori dan nutrisi. Padahal, pemanis buatan sama sekali tak memberikan manfaat apapun selain rasa di lidah Anda. Hal ini justru menyebabkan berat badan Anda naik, bukan turun.

7. Perkaya Rasa di Lidah Anda

Image credit: seriouseats.com

Image credit: seriouseats.com

Anda bisa mendapatkan rasa manis tanpa tambahan gula, kok. Misalnya, dengan ekstrak vanila atau beragam rempah. Pesanlah secangkir latte tanpa gula dan peraya rasanya dengan kakao atau bubuk vanila. Atau, tambahkan cinnamon atau jahe ke dalam oatmeal Anda.

8. Hindari Minuman Manis

Image credit; abc.net.au

Image credit: abc.net.au

Gula berlebih tak cuma terdapat dalam minuman soda saja. Sebagian minuman dalam kemasan mengandung gula tambahan yang tidak sedikit jumlahnya, termasuk minuman yang berlabel “sehat”, seperti minuman energi, isotonik, dan teh. Daripada membeli minuman semacam ini, lebih baik Anda buat sendiri.

Nah, mudah-mudahan informasi di atas buat Anda yang ingin memangkas konsumsi gula. Jangan lupa bagikan info ini ke orang-orang terdekat Anda!