≡ Menu

Home » Diet Sehat » Benarkah Menghindari Karbohidrat Bisa…

Benarkah Menghindari Karbohidrat Bisa Bikin Kurus?

WSC

Benarkah Menghindari Karbohidrat Bisa Bikin Kurus?DietCepatAlami.com – Anda mungkin sering mendengar atau membaca artikel tips diet yang mengatakan bahwa kalau Anda ingin kurus harus mengurangi nasi, karena nasi mengandung karbohidrat. Atau bahkan ada yang menganjurkan Anda untuk menghindari karbohidrat dan tidak makan nasi. Padahal karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh selain protein dan lemak. Akan tetapi, mengurangi berat badan tidak semudah hanya mengurangi karbohidrat saja.

Banyak pula di antara kita yang beranggapan, karbohidrat hanya terkandung pada nasi putih, roti, gula, pasta, kentang dan lain-lain. Padahal sayuran, buah dan gandum pun mengandung karbohidrat. Bukankah makanan tersebut dianjurkan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan langsing?

Jadi, yang perlu Anda ketahui di sini adalah jenis-jenis karbohidrat yang Anda konsumsi. Tidak semua karbohidrat harus dihindari saat diet. Karbohidrat kompleks yang kaya serat dan nutrisi adalah jenis karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh. Karbohidrat jenis ini dapat Anda peroleh dari gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Karbohidrat kompleks yang masuk ke tubuh memberikan efek kenyang lebih lama dan juga lebih lambat di ubah menjadi gula darah. Sehingga kadar gula darah Anda tidak akan melonjak tiba-tiba. Konsumsi karbohidrat kopleks juga akan menghindarkan Anda dari resiko penyakit diabetes.

Sayuran dan buah-buahan tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks, tetapi juga phytonutrient. Nutrisi yang terdapat pada tumbuhan ini bersifat menyembuhkan dan banyak berperan bagi kesehatan tubuh kita. Phytonutrient juga mengandung antioksidan yang memperlambat proses penuaan dini sekaligus mengaktifkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Inilah mengapa menjadi seorang vegetarian akan membuat berat badan Anda stabil.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Lalu, mengapa saat berdiet Anda disarankan untuk menghindari nasi putih? Nah, ada jenis karbohidrat yang memang memicu penimbunan lemak di tubuh. Karbohidrat jenis ini dikenal dengan istilah karbohidrat sederhana. Disebut sederhana setelah masuk dalam tubuh sangat cepat berubah menjadi gula darah. Selain nasi putih, jenis karbohidrat sederhana juga banyak terdapat pada makanan manis lain, misalnya permen, cake, gula pasir, cokelat, es krim dan semacamnya. Sekarang tahu kan kenapa Anda dilarang mengkonsumsi makanan manis saat diet?