≡ Menu

Home » Diet Sehat » Begini Cara Diet Rendah Kolesterol…

Begini Cara Diet Rendah Kolesterol Jika Anda Gemuk!

WSC

Begini Cara Diet Rendah Kolesterol Jika Anda Gemuk!DietCepatAlami.com – Pada orang yang bertubuh gemuk, kolesterol menjadi hal yang paling menakutkan.  Akan tetapi, peningkatan kadar kolesterol tidak hanya bagi mereka yang bertubuh gemuk, pada individu dengan berat badan di bawah normal sekalipun bisa menderita kolesterol tinggi.  Ternyata peningkatan kadar kolesterol tidak semata disebabkan oleh  berat badan berlebih.

Diet rendah kolesterol dilakukan oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan orang dengan resiko penyakit jantung.  Pada mekanismenya, kadar kolesterol yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan berpotensi menyebabkan serangan jantung.  Kedengaran menyeramkan yah?

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membantu metabolisme senyawa-senyawa yang membutuhkan inti sterol, misalnya vitamin D, hormon-hormon anabolik dan empedu.  Tujuan dari diet ini sebenarnya adalah menjaga kadar kolesterol dalam tetap dalam kadar normal, yang secara tidak langsung bersamaan dengan menurunkan berat badan.

Pada diet ini, anda dianjurkan untuk makan dalam porsi sedikit, namun dalam frekuensi yang sering.  Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh karena lemak ini berpotensi tertimbun dalam pembuluh darah.  Makanan yang mengandung lemak jenuh ini, antara lain lemak pada daging-dagingan, susu full murni atau susu murni, mentega, kuning telur dan keju.  Terdapat pula lemak nabati yang berpotensi menjadi lemak jenuh, yaitu lemak pada minyak kacang dan minyak kelapa sawit.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Lemak pada minyak sayur memang mengandung lemak tak jenuh, akan tetapi ketika sampai pada proses pencernaan dalam tubuh kita, maka lemak tak jenuh tetap akan menjadi lemak jenuh.  Jadi intinya, pada diet rendah kolesterol, kurangilah makanan yang melalui proses goreng-gorengan.  Jika anda memang terlanjut mengkonsumsinya, maka imbangilah denga berolahraga dengan teratur. Dengan olahraga teratur, diharapkan lemak dalam darah dapat terbakar menjadi energi. Semoga bermanfaat 🙂