≡ Menu

Home » Diet Sehat » Bagaimana Program Diet Saat Bulan Puasa?

Bagaimana Program Diet Saat Bulan Puasa?

WSC

Bagaiman Program Diet Saat Bulan Puasa?DietCepatAlami.com – Anda mungkin sedang menjalani program diet saat ini. Di saat yang sama, anda juga menjalankan ibadah puasa. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah saya bisa menjalani program diet dan ibadah puasa di saat yang sama? Apakah tubuh saya bisa beradaptasi?

Saat anda sedang berpuasa, saluran cerna akan bersitirahat, dan zat gizi yang anda konsumsi pada saat sahur, akan anda gunakan selama seharian berpuasa. Jika masih diperlukan, cadangan lemak di bawah kulit anda dapat terpakai sebagai energi jika anda beraktivitas lebih.

Menjalankan program diet bagi anda dengan berat badan lebih, boleh-boleh saja.  Jika saat ini anda mengkonsumsi suplemen penurun berat badan, maka konsumsilah setengah dosis dari biasanya. Karena bekal makanan anda saat sahur, masih akan anda gunakan hingga satu hari penuh, sehingga anda tidak lagi memerlukan suplemen dengan dosis penuh.  Sebenarnya menjalankan diet pada saat berpuasa tidak terlalu rumit, karena berpuasa sendiri sudah membantu anda cara menurunkan berat badan.

Selama berpuasa, aturlah menu makanan anda, agar kalori anda tetap terjaga.  Banyak yang berpendapat, saat tubuh tidak makan dan minum selama sehari penuh, maka kita pun harus  menggantinya dengan makanan yang bergizi.  Masyarakat kita pun banyak yang mengartikan bahwa makanan bergizi adalah makanan seperti sup buah manis, ayam goreng, cumi, dan sebagainya, yang jika kita lihat dari konsep gizi, makanan tersebut justru mengandung gula dan kalori yang tinggi. Menu makanan seperti inilah yang justru mengacaukan program diet anda.

Saat berbuka puasa, mulailah dengan air putih dan beberapa biji kurma yang tidak terlalu manis.  Selain itu, lambung anda masih kosong sehingga tidak siap mencerna makanan porsi besar.  Mengkonsumsi makanan dan minuman manis akan menaikkan indeks glikemik anda, sehingga anda cenderung mengkonsumsi makanan tinggi kalori lebih banyak lagi.

Biasakan mengkonsumsi makanan besar, seperti roti dan nasi setelah waktu sholat mahgrib.  Pada saat itu lambung anda sudah cukup stabil untuk menerima makanan dengan porsi cukup besar.  Konsumsi air putih setidaknya 8 gelas selama anda berbuka sampai sahur.  Anda dapat membagi waktu minum anda sehingga tidak membuat perut anda kembung dengan air putih.  Hindari minuman bersoda, teh dan kopi.  Kandungan gula dalam minuman bersoda cukup tinggi, sehingga akan menggagalkan diet anda.  Sedangkan pada kopi dan teh, terdapat senyawa xantin yang justru akan membuat akan sering berkemih, dan anda akan kehilangan cairan pada siang hari karena seringnya berkemih.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Pada saat sahur, usahakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang cukup kalori, protein dan lemak.  Anda pun tidak disarankan untuk kembali tidur setelah sahur, karena pada saat itu pergerakan usus anda akan melambat, sehingga jika anda kembali tidur, gerakan usus akan semakin lambat dan makanan tidak akan tercerna dengan sempurna.  Tentu saja hal ini dapat menjadi sumber penyakit di kemudian hari. Semoga bermanfaat 🙂