Ingin Sehat dan Langsing? Konsumsi Minuman Ini Pada Waktu yang Tepat!

DietCepatAlami.com – Nongkrong di sebuah coffee shop yang sedang hits sambil selfie agaknya menjadi salah satu gaya hidup kita di zaman modern ini. Sayangnya, minuman-minuman yang dengan mudah Anda dapatkan di sana mengandung gula yang tak sedikit.

Padahal, konsumsi minuman yang tinggi kalori bisa mengacaukan usaha Anda untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Makanya, Anda perlu mengetahui minuman apa saja yang paling baik untuk diminum dan kapan waktu yang tepat untuk meminumnya—demi menjaga berat badan ideal Anda.

Minumlah Air Putih Bila…

Image credit: doctoroz.com

Image credit: doctoroz.com

1. Anda merasa letih, sakit kepala, atau sedang bete. Menurut sebuah studi, dehidrasi lebih dari 1% bisa membuat mood Anda memburuk, menurunkan konsentrasi, dan sakit kepala. Sejumlah saraf mendeteksi dehidrasi dan mempengaruhi bagian otak yang mengatur mood dan fungsi kognitif. Agar terhindar dari dehidrasi, minumlah air putih yang cukup setiap hari.

2. Anda ingin menurunkan berat badan. Peneliti menemukan bahwa pediet yang mengkonsumsi air putih sebelum makan kehilangan berat badan 2,5 kg lebih banyak dalam 12 minggu dibandingkan pediet yang tidak menambah asupan air putihnya. Cobalah untuk mengkonsumsi 1-2 gelas air sebelum makan.

3. Anda berolahraga selama 90 menit atau kurang. Seusai berolahraga, jangan buru-buru mengambil minuman isotonik. Banyak orang yang mengira mereka membutuhkan gula setelah berolahraga, padahal mereka sebenarnya hanya memerlukan rehidrasi dengan air putih.

(Baca juga: Menurunkan Berat Badan Dengan Meminum Lebih Banyak Air)

Saat yang Tepat Untuk Meneguk Teh

Image credit: collegetimes.com

Image credit: collegetimes.com

1. Anda mengalami ‘sakau’ kafein. Buat Anda yang pecandu kopi, menghentikan konsumsi kafein secara tiba-tiba bisa membuat Anda ‘sakau’. Untuk mengurangi kafein di keseharian Anda tanpa merasa sakau, Anda bisa mengkonsumsi teh hitam. Setiap 250 ml teh hitam mengandung 50 mg kafein, dibandingkan dengan 100-190 mg dalam kopi.

2. Ketika mengalami masalah pada lambung. Teh dipercaya dapat memperbaiki pencernaan dengan menetralkan asam lambung. Anda bisa mencoba teh oolong untuk mendukung sistem pencernaan karena teh ini memiliki kemampuan detoksifikasi.

(Baca juga: Minum 5 Jenis Teh Ini untuk Menurunkan Berat Badan!)

Kapan Waktunya Minum Jus?

Image credit: livestrong.com

Image credit: livestrong.com

1. Setelah mengkonsumsi makanan berlemak. Jus jeruk mampu membantu menetralkan respon inflamasi pada tubuh Anda setelah mengkonsumsi makanan berlemak seperti burger dan gorengan. Jus jeruk memiliki antioksidan yang dapat menetralkan inflamasi dan mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

2. Anda mengalami infeksi saluran kemih. Jus kranberi mengandung zat yang dapat mencegah bakteri menempel pada jaringan kemih, sehingga dapat membantu Anda mencegah penyakit infeksi saluran kemih.

(Baca juga: Langsing Alami dengan Jus!)

Ini Dia Saat yang Pas Untuk Menikmati Kopi!

Image credit: lifehack.org

Image credit: lifehack.org

1. Ketika Anda kuatir terhadap diabetes. Kopi mengandung kromium dan magnesium, dua mineral yang membantu tubuh kita menggunakan insulin. Hal ini bisa mencegah diabetes tipe 2 menghampiri Anda. Konsumsi secangkir kopi hitam tanpa tambahan gula atau krimer.

2. Anda wanita yang sedang merasa sedih dan/atau ingin mengurangi risiko kanker. Kafein pada kopi punya sejumlah manfaat kesehatan bagi wanita. Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi kopi setiap hari memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kanker endometrial. Selain itu, mereka juga lebih jarang mengalami gejala depresi.

(Baca juga: Hati-Hati, 7 Makanan ini Membuat Anda Tampak Lebih Tua!)

Alasan Untuk Meneguk Segelas Susu

Image credit: tumblr.com

Image credit: tumblr.com

Susu tak cuma baik bagi tulang Anda. Ternyata, susu juga bisa membantu membakar lemak, lho. Dalam sebuah studi, kelompok yang menambahkan asupan susu ke dalam dietnya mengalami penurunan lemak tubuh sebanyak satu kilogram dibandingkan dengan kelompok yang tidak menambahkan susu, meski pola makan mereka sama.

(Baca juga: 7 Tips Diet Saat PMS)

Nikmati Smoothie Jika…

Image credit: drinkgreen4life.com

Image credit: drinkgreen4life.com

…Anda butuh makanan untuk dinikmati di perjalanan! Buat sendiri smoothie favorit Anda dengan campuran sayuran hijau, buah segar, serta air dan susu kedelai dengan campuran 3:1. Anda juga bisa menambahkan bubuk protein bila perlu. Selain segar, smoothie juga gampang dibuat!

(Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Diam-Diam Bisa Bikin Anda Lebih Gemuk)

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Jadi, apa yang hendak Anda minum saat ini? Tak bingung lagi, ‘kan?