≡ Menu

Home » Diet Sehat » Apa Sih Serat Itu?

Apa Sih Serat Itu?

WSC

Apa Sih Serat Itu?Setiap kali membaca atau mendengar pembahasan mengenai diet, Anda pasti seringkali mendengar istilah ‘serat’. Sebenarnya apa sih serat itu? Apa manfaatnya bagi tubuh?

Makanan berserat merupakan makanan yang tidak mampu dicerna dan diserap dalam tubuh, tidak seperti karbohidrat, protein dan lemak. Saat masuk ditubuh serat akan tetap utuh hingga dikeluarkan dari tubuh.

Serat terbagi menjadi dua macam, yakni serat larut air (soluble) dan serat tidak larut air (insoluble). Serat yang dapat larut dalam air ini dapat ditemukan pada apel, jeruk-jerukan, pisang, brokoli, polong-polongan, oats dan lain-lain. Serat ini mampu membantu menurunkan kadar gula dan kadar kolesterol atau lemak dalam darah.

Sedangkan serat yang tidak larut dalam air dapat Anda temukan pada asparagus, kacang-kacangan, jamur, bayam, kubis, bunga kol, brokoli, sawi, lobak, wortel, kentang, tomat, terong, jagung, buncis, gandum utuh, pisang, stroberi, pir, apel, buah persik, susu kedelai dan lain-lain. Serat jenis ini berkhasiat memperlancar BAB dan mengobati sembelit.

Sebenarnya kedua jenis serat tersebut dapat Anda temukan pada sayuu-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum, namun kadar keduanya berbeda-beda. Untuk itu Anda dianjurkan agar mengonsumsi aneka makanan tersebut setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat Anda.

Kebutuhan serat setiap orang berbeda-beda. Wanita yang berusia kurang dari 50 tahun membutuhkan 38 gram serat perhari, sedangkan untuk wanita diatas usia 50 tahun butuh 30 gram serat perhari. Untuk pria yang berusia kurang dari 50 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi 25 gram serat perharinya sedangkan untuk yang berusia lebih dari 50 tahun hanya 21 gram serat saja perharinya.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Sekarang sudah jelas kan? Ternyata makanan yang mengandung serat memang baik untuk kesehatan dan juga sangat bermanfaat untuk membantu program diet Anda bukan?