Apa Benar Kafein Mampu Mengurangi Berat Badan Anda?

Apa Benar Kafein Mampu Mengurangi Berat Badan Anda?

Apa Benar Kafein Mampu Mengurangi Berat Badan AndaBanyak yang meyakini bahwa kandungan kafein dalam kopi atau minuman bersoda mampu membantu menurunkan berat badan. Apa iya kafein bisa bikin kurus? Jika hal ini memang benar, tentu akan jadi kabar gembira bagi mereka penikmat kopi.

Sayangnya, belum ada bukti konkrit yang mengungkapkan bahwa kafein secara permanen dan signifikan dapat menurunkan berat badan. Kafein memang mampu memicu penurunan berat badan. Namun, kemampuannya hanya sebatas saja mencegah kenaikan berat badan saja.

Tahukah Anda bahwa ternyata sudah banyak yang menjadikan kafein ini sebagai bahan campuran dalam suplemen diet. Dilansir dari mayoclinic.com, hal ini dilakukan atas beberapa teori yang mengatakan bahwa kafein dapat mengurangi nafsu makan, membakar kalori dan juga mempunyai peran sebagai diuretic yang dapat memperbanyak pengeluaran urin.
Namun, manfaat kafein tersebut bukanlah penyebab utama penurunan berat badan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kafein hanya sebatas pemicu saja.

So, tetaplah bijak dan hati-hati mengonsumsi kopi, teh, soda dan lain-lain. Mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa berakibat negatif pada tubuh, seperti insomnia, hipertensi, meningkatnya asam lambung bahkan mual. Pada umumnya, minuman berkafein mengandung banyak lemak dan kalori sehingga jika tidak dibatasi, berat badan Anda malah makin bertambah.